Izin bu, ananda Suranti Gustina nim(23113003) dari Universitas Adzkia, suranti ingin mencoba menjawab pertanyaan dari teman ananda bu
Tantangan merupakan bentu upaya yang harus dituntaskan oleh seorang pendidik di dalam kelas, memang setiap proses yang dilalui siswa di kelas banyak sekali tantangan terbesar dalam menerapkan pendekatan pembelajaran individual yang berkapasitas besar adalah beragamnya kebutuhan belajar siswa. Sehingga hal itu dapat memicu minat dalam belajat siswa
Berikut ada beberapa tantangan lain yang mungkin bahkan bisa dikatakan iya yang dihadapi didalam kelas:
1. Keterbatasan sumber daya, seperti waktu, ruang, dan bahan ajar
2. Kurikulum yang terstandar
3. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan
4. Penolakan dari siswa atau orang tua, memang dalam pencapaian dari pembelajaran dukungan dari orang tua sangat membantu peserta didik dalam perkembangan belajarnya.
5. Sulit menilai kemajuan siswa yang berbeda
6. Keterampilan manajemen kelas yang kurang efektif
7. Tantangan psikologis, seperti siswa merasa frustrasi atau merasa tidak diperhatikam, disayang dll
Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru dapat menggunakan teknologi adaptif yaitu memulai beradaptasi apa yang menjadi minat dan bakas siswa sehingga dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan individual siswa. Teknologi adaptif dapat membantu guru mencapai personalisasi dalam pembelajaran.
Pendekatan individual memungkinkan berkembangnya potensi masing-masing anak didik secara maksimal
Tantangan merupakan bentu upaya yang harus dituntaskan oleh seorang pendidik di dalam kelas, memang setiap proses yang dilalui siswa di kelas banyak sekali tantangan terbesar dalam menerapkan pendekatan pembelajaran individual yang berkapasitas besar adalah beragamnya kebutuhan belajar siswa. Sehingga hal itu dapat memicu minat dalam belajat siswa
Berikut ada beberapa tantangan lain yang mungkin bahkan bisa dikatakan iya yang dihadapi didalam kelas:
1. Keterbatasan sumber daya, seperti waktu, ruang, dan bahan ajar
2. Kurikulum yang terstandar
3. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan
4. Penolakan dari siswa atau orang tua, memang dalam pencapaian dari pembelajaran dukungan dari orang tua sangat membantu peserta didik dalam perkembangan belajarnya.
5. Sulit menilai kemajuan siswa yang berbeda
6. Keterampilan manajemen kelas yang kurang efektif
7. Tantangan psikologis, seperti siswa merasa frustrasi atau merasa tidak diperhatikam, disayang dll
Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru dapat menggunakan teknologi adaptif yaitu memulai beradaptasi apa yang menjadi minat dan bakas siswa sehingga dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan individual siswa. Teknologi adaptif dapat membantu guru mencapai personalisasi dalam pembelajaran.
Pendekatan individual memungkinkan berkembangnya potensi masing-masing anak didik secara maksimal