Forum Diskusi 3: Perencanaan Proyek

Pertanyaan

Pertanyaan

by NURIS TISHWANAH -
Number of replies: 2

Nuris Tishwanah
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Mohon Izin bertanya, Apa tujuan utama dari perencanaan proyek? Dan sebelum membuat perencanaan proyek, hal apa saja yang harus diperhatikan agar tidak menjadi kesalahan fatal dikemudian hari?

Sekian, Terimakasih.

In reply to NURIS TISHWANAH

Re: Pertanyaan

by Anisa Wijayani -
Anisa Wijayani
Universitas Indraprasta PGRI

izin menjawab, menurut pendapat saya tujuan utama dari proses perencanaan khusnya pada sebuah proyek adalah sebagai "patokan atau dasar". karena jika kita tidak memili rencana untuk menjalankan proyek, maka kegiatan tersebut dapat berantakan. perencanaan yang saya maksut contohnya dapat berupa rundown acara, rincian anggaran yang jelas, kelengkapan dokumen, dsb. selanjutnya, hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari adalah dengan cara menganalisis masalah di awal, sampai ke akarnya. sehingga jika kita sudah menemukan akar dari masalahnya, akan meminimalisir terjadinya kesalahan di kemudian hari.
In reply to NURIS TISHWANAH

Re: Pertanyaan

by WENITA WIDYANA PANGGABEAN -
Wenita Widyana Panggabean
Universitas Satya Negara Indonesia B
PM100410

Tujuannya adalah merancang / melakukan usaha untuk memenuhi persyaratan spesifikasi proyek yang ditentukan dalam batasan biaya, mutu dan waktu ditambah dengan terjaminnya faktor keselamatan.
-Rencana keuangan/anggaran proyek
-Rencana waktu/jadwal proyek
-Standar kualitas
-Bahan material dan pengangkutannya
-Pengadaan pekerja dan produktivitasnya