Diskusi Karbohidrat

Siti Nazwa Hidayah

Siti Nazwa Hidayah

by SITI NAZWA HIDAYAH -
Number of replies: 0

1. Karbohidrat, terutama pati dalam tepung terigu, memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembuatan roti. Mulai dari Sumber energi untuk ragi, pembentukan struktur roti, hingga memberikan rasa dan aroma yang khas. Bahan utama yang mengandung karbohidrat dalam pembuatan roti adalah tepung terigu. Tepung terigu kaya akan karbohidrat kompleks, terutama pati. Pati ini merupakan polimer glukosa yang terdiri dari dua jenis molekul utama seperti amilosa dan amilopektin.

2. Meskipun benar bahwa semua karbohidrat pada akhirnya akan dipecah menjadi gula (glukosa) dalam tubuh kita, dan glukosa adalah sumber energi utama, namun tidak semua karbohidrat itu sama. Karena karbohidrat itu kompleks. Gula tambahan yang berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, penting untuk memilih sumber karbohidrat yang baik dan mengonsumsi gula dalam jumlah yang moderat.

3. Reaksi kimia yang terjadi pada saat pemanggangan roti seperti reaksi maillard itu berkontribusi pada pembentukan rasa dan kompleksitas rasa pada roti, lalu karamelisasi itu melibatkan gula saja.

4. Aroma wangi yang muncul saat pemanggangan adalah hasil dari interaksi kompleks antara berbagai senyawa dalam makanan pada suhu tinggi. Reaksi maillard dan karamelisasi itu dua reaksi utama yang berperan dalam pembentukan aroma.