Forum Diskusi 2: Komunikasi

Komunikasi

Komunikasi

by Ica Anggraeni -
Number of replies: 8

Menurut saudara, bagaimana bentuk komunikasi yang baik sehingga dapat menjadi solusi dalam membantu pemecahan masalah yang ada di lapangan? Mengingat masyarakat yang ada pasti mempunyai latar belakang yang berbeda, terimakasih

In reply to Ica Anggraeni

Re: Komunikasi

by Serly Lorensa -
Komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan dan berkaitan antar satu dengan yang lainya dalam kurun waktu tertentu. Dalam melakukan komunikasi dalam perencanaan pemetaan masalah, kita juga harus memperhatikan dan mengajak pastisipasi masyarakat yang menyandang disabbilitas. Dengan cara tidak membedekan mereka dalam masyarakat. Komunikasi dengan para penyandang disabilitas dapat dilakukan dengan mengajak mereka berkomunikasi orang dewasa yang selayaknya. Jangan membuat keputusan untuk mereka. Jangan beri tahu mereka apa yang harus dilakukan atau menggunakan baby talk. Berikan mereka setiap pilihan yang diberikan kepada mereka yang tidak cacat. Jika pilihan yang mereka pilih menimbulkan kesulitan sehubungan dengan kecacatan mereka, diskusikan cara-cara yang dapat memodifikasi atau menyesuaikan pilihan tersebut. Selalu tanyakan apa yang mereka inginkan atau jika mereka membutuhkan bantuan. Berbicara dengan mereka dengan tempo normal, dengan menatap wajahnya, dan tersenyum. Jika kita juga melibatkan partisipasi mereka, maka mereka akan berfikir bahwa mereka juga bagian dari suatu komunitas atau masyarakat.
In reply to Ica Anggraeni

Re: Komunikasi

by Lulut Ardi Putra -
Ijin menanggapi pertanyaan yang telah disampaikan mbak ica, menurut pendapat saya pertama-tama kita melakukan sebuah pendekatan terhadap masyarakat yang mana dengan kita melakukan pendekatan nantinya kita dapat menentukan pemetaan masalah seperti apakah yang akan kita bentuk atau rancangkan, kedua melakukan beberapa telaah terhadap berbagai kebutuhan yang diperlukan masyarakat terkait dengan permasalahan yang dihadapi, ketiga kita dapat memperhatikan mengenai konseptualisasi masyarakat yang dapat membantu dalam membandingkan elemen-elemen masyakarat antara wilayah satu dengan wilayah lainnya misalnya seperti jumlah luas wilayah yang dimiliki masyarakat, komposisi etnik, dan sosial ekonomi serta sosial budaya yang dimiliki masyarakat.
In reply to Ica Anggraeni

Re: Komunikasi

by Dian Hidayati -
ijin menanggapi pertanyaan yang disampaikan oleh mbak ica terkait bagaimana bentuk komunikasi yang baik sehingga dapat menjadi solusi dalam membantu pemecahan masalah yang ada di lapangan? Mengingat masyarakat yang ada pasti mempunyai latar belakang yang berbeda?
Menurut pendapat saya bahwasannya komunikasi yang baik adalah komunikasi yang bisa menghargai orang lain dan bisa menempatkan diri kita, Maksudnya bagaimana cara kita berkomunikasi dimasyarakat dan kita lebih seperti menjadi teman, dengan memasang mimik wajah yang sopan dan menghargai pendapat masyarakat. Apalagi kita hanya seorang mahasiswa yang turun langsung ke lapangan, tentunya banyak sekali hal negatif yang didapatkan. Misalnya seperti tidak diterima oleh masyarakat ataupun lainnya. jadi menurut saya alangkah baiknya kita bisa berkomunikasi dengan baik ketika kita turun langsung kelapangan untuk meembantu pemecahan masalah disuatu daerah tersebut, mengingat latar belakang masyarakatnya berbeda - beda. Jadi yang pertama kita bisa melakukan identifikasi terlebih dahulu kepada masyarakat terkait bagaimanakondisi masyarakatnya seperti itu. Kedua, kita bisa melakukan pendekatan kepada masyarakat dan lebih menjadi teman bukan menggurui masyarakat. Ketiga, dari pendekatan tersebut tentunya kita harus mendengarkan keluhan- keluhan masyarakat, dan kita harus memberikan kebebasan kepada masyarakat ( tidak menggurui), keempat, setelah kita mendengar keluh kesah dari masyarakat bisa menjadi masukan bagi kita terkait permassalahan yang dialami dimasyarakat tersebut. Kelima, bisa kita implementasikan dan kembangkan dengan mencari sebuah solusi dan dapat diterima oleh masyarakat. Intinya partisipasi masyarakat ini sangat penting.
In reply to Ica Anggraeni

Re: Komunikasi

by Anggi Pratiwi -
ijin menambahkan jawaban dari mbak serly dan mas ardi, bahwa pertama-tama kita bisa mengamati terlebih dahulu bagaimana karakteristik masyarakat tersebut, setalah itu kita bisa melakukan pendekatan dan bisa menyusun rencana bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat yang akan dihadapi
In reply to Ica Anggraeni

Re: Komunikasi

by PEBRIYANSAH SAPUTRA -
permisi, ijin menanggapi ibu. solusi yang bisa dilakukan yaitu kita harus bisa memiliki sikap yang ramah, bisa berbaur, serta memberikan kesan yang baik ketika bertemu dengan orang baru, atau di tempat yang baru. hal ini akan menghasilkan komunikasi yang baik, jika kita memilliki nilai yang baik di masyarakat tersebut, maka ketikaada masalah kita bisa berbicara dengan baik dalam memberikan solusi untuk pemecaan masalah yang terjadi.
terima kasih
In reply to Ica Anggraeni

Re: Komunikasi

by Mitha Nur arouufu -
Dalam setiap proses komunikasi maka tujuan utama adalah untuk mengubah, membentuk sikap dan perilaku komunikasi sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator. untuk mencapai tujuan tersebut, maka para komunikator harus dapat memperhatikan determinan internal yang berada pada setiap diri komunikan. hal ini penting untuk diangkat karena kondisi komunikasi tidak selamanya berada dalam kondisi yang sama atau seragam.
In reply to Ica Anggraeni

Re: Komunikasi

by Muhammad Faris Nizam -
Komunikasi diartikan sebagai proses penyampaian dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat. Lewat komunikasi inilah, orang bisa saling bertukar informasi.
In reply to Ica Anggraeni

Re: Komunikasi

by NOVINDA DWI ANDINI -
Komunikasi yang diperlukan dalam melakukan pemetaan masalah di lapangan yaitu dengan komunikasi kelompok melalui rapat rutin (negosisasi) dapat mengurangi permasalahan yang ada di masyarakat. Adapun pengambilan keputusan yang dilakukan berdasarkan musyawarah dan berdasarkan pendapat ahli sesuai dengan kondisi dari kelompok masing-masing. Dalam melakukan komunikasi kelompok hal yang menjadi penting adalah konsistensi. Konsistensi adalah menyakini kekuatan irasional secara rasional, melalui segala sesuatu yang bersifat fisik dan nonfisik pada setiap perilaku manusia dalam berkomunikasi. Upaya penyelesaian konflik dapat dilakukan melalui komunikasi dengan cara negosiasi. Negosiasi merupakan keterampilan yang digunakan setiap orang dalam kehidupan sehari-hari.