Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

Cara pembagian kerja

Cara pembagian kerja

by Steven Steven -
Number of replies: 17

Bagaimana cara pembagian kerja yang baik agar setiap anggota kelompok dapat menjalankan tugasnya dengan baik?

In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by AMALIA PRATIWI -
PM121502
Amalia Pratiwi
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Izin menjawab, cara pembagian tugas dengan baik dalam kerja kelompok adalah sebagai berikut:

1. Kenal karakteristik dan kondisi anggota kelompok
Ini dilakukan untuk memahami sifat, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh anggota kelompok sehingga pembagian tugas dapat
disesuiakan dengan kemampuan mereka.

2. Memahami anggota kelompok yang memiliki kemampuan lebih
Ini dilakukan untuk memahami kemampuan anggota yang memiliki kemampuan lebih dalam mengerjakan tugas. Sehingga dengan
kelebihannya tersebut dapat dimanfaatkan menjadi tolak ukur dalam hasil pengerjaan tugas kelompok.

3. Pembagian tugas yang merata dan adil
Pembagian tugas dilakukan secara adil dan merata dengan menyesuaikan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anggota kelompok.

4. Ada konsekuensi
Dalam melakukan pengerjaan tugas kelompok tentunya akan ada beberapa anggota yang malas atau tidak mengerjakan bagiannya
dengan baik dan tanggung jawab. Oleh karena itu, agar kerja kelompok berjalan kondusif maka perlu adanya konsekuensi atau hukuman
yang disepakati kelompok supaya anggota yang biasa tidak mengerjakan tugas dapat lebih terkontrol sehingga mereka menjadi aktif dalam
mengerjakan tugas.
In reply to AMALIA PRATIWI

Re: Cara pembagian kerja

by AFIFATUL NABILA -
Afifatul Nabila (PM150501)
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Izin menyampaikan bahwa saya sangat setuju dengan jawaban yang diberikan Kak Amalia, yaitu dalam hal pembagian kelompok yang baik diperlukan pemahaman terlebih dahulu mengenai kualitas dari masing-masing anggotanya sehingga kita bisa menentukan posisi atau porsi seperti apa yang tepat diberikan kepada setiap anggota tersebut dan pastinya disini dengan pembagian itu diharapkan akan memperkecil kemungkinan konflik yang akan terjadi dan yang ada hanya saling membantu, saling mem-back up, dan saling berkolaborasi sesuai potensi masing-masing sehingga dapat mempercepat untuk satu kelompok ini mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by SOFIA NUR AIDA -
Cara pembagian kerja dalam kelompok menurut saya sebagai berikut :
1. Mengenali karakteristik dan keahlian masing masing anggota
2. Membagi tugas secara merata, diutamakan yang bersesuaian dengan keahlian anggota dahulu.
3. Membuat deadline masing-masing tugas.
4. Melakukan rapat untuk diskusi terkait tugas yang dijalankan.
5. Melakukan follow up dan evaluasi.
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by ALIVIANO MAULANA HAKIKI -
Menurut hemat saya, pembagian tugas sebagai awal bekerja kelompok adalah hal yang penting karena secara tidak langsung membentuk Komitmen setiap anggota. Hal ini bertujuan agar setiap anggota kelompok mengetahui apa saja yang harus dikerjakan dan apa saja yang dikerjakan oleh anggota yang lain. Agar jika ada salah satu anggota yang berhalangan dalam menyelesaikan tugasnya, anggota yang lain dapat mem-back up tugas-tugas tersebut. Dengan demikian tujuan akan tercapai. Sekian
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by LARA ARDHIA RAHMA -
Terapkan jiwa kepemimpinan yang baik< komunikasikan dengan baik, gunakan bahasa yang mudah difahami, berikan pembagian tugas secara adil, jangan lupa tetapkan visi dan misi di awal
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by DIKY RIANSYAH -
Pembagian kerja kelompok yang baik pada dasarnya bertumpu pada metode kepemimpinan ketua dan juga sumber daya manusia anggota kelompok. dua faktor ini menjadi penentu dalam pembagian yang baik
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by SITI MASRUROH -
PM192010
Siti Masruroh, universitas negeri Semarang.
Izin menjawab, cara pembagian tugas kelompok menurut saya bisa dilakukan dengan langkah langkah yang tepat. Pertama kita bisa mengenali karakteristik sikap dan sifat setiap anggota kelompok kedua kita harus melihat kemampuan setiap anggota kelompok dan terakhir kita harus membagi tugas berdasarkan kemampuan setiap anggota kelompok agar setiap anggota kelompok dapat menjalankan tugas dengan baik
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by DIAN RAMADHANI PADWIKA -
saya setuju dengan pendapat dari teman-teman sebelumnya bahwasannya untuk pembagian kerja yang baik adalah dengan adanya sebuah komunikasi baik yang dibangun antar individu yaitu dengan tentunya beberapa pendekatan yang ada seperti mengenali karaktersitik anggota, memahmaminya, serta adil dan merata kemudian memiliki aturan serta ketentuan seperti konsekuensi dan njuga reward. terima kasih
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by BUSTAMI ABDUL GANI -
1. Kenali karakteristik anggota kelompok terlebih dahulu.
2. Memahami kemampuan yang dimiliki anggota kelompok
3. Berikan tugas yang merata dan adil
4. Membuat Time schedule setiap anggota kelompok
5. Membuat kesepakatan untuk konsekuensi jika ada anggota kelompok yang tidak membantu atau mengerjakan
6. Membuat Evaluasi Anggota Kelompok
In reply to BUSTAMI ABDUL GANI

Re: Cara pembagian kerja

by ILMU ARUM ISTIKOMAH -
Ilmu Arum Istikomah
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung
PM130503

Cara pembagian kerja kelompok yang baik menurut saya
1. mengerti dan memahami karakteristik setiap anggota kelompok, karena jika satu sama lain saling memahami akan timbul rasa toleransi.
2. Tentukan cara komunikasi yang baik dan disepakati dalam kelompok, agar meminimalisir konflik atau hal-hal yang tidak diinginkan.
3. Mampu memahami dan mengerti kemampuan yang dimiliki setiap anggota kelompok, supaya tugas yang dilakukan tidak memberatkan satu sama lain dan hasilnya akan lebih maksimal.
4. Memberikan tugas yang adil dan disesuaikan dengan kemampuannya
5. Membuat timeline waktu pengumpulan tugas, dan tentukan koordinator pengumpul tugas supaya tugas yang telah dikerjakan dapat terkoordinir dengan baik.
6. Saling membantu ketika satu sama lain terdapat kesulita.
7. Melakukan evaluasi bersama kelompok tentang tugas kelompok yang telah dilaksanakan.
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by IRWANDI IRWANDI -
In reply to IRWANDI IRWANDI

Re: Cara pembagian kerja

by Muhammad Rizki Nur Atsani -
setujujuga, kita harus menyesuaikan porsi kerja masing-masing anggota sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya sehingga tercipta prinsip "the right man on the right place"
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by I Ketut Primantara Adi Pranatha -
disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan masing-masing anggota tim, dan yang terpenting disetujui oleh semua anggota kelompok
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by Fasya Miftah Akbar -
Pertama, delegasikan secara bertahap. Ketika mendelegasikan tugas kepada para tim usahakan untuk melakukannya secara bertahap
Kedua, lakukan pendampingan pada tim
Ketiga, berikan ruang bagi tim untuk berkembang
Keempat, lengkapi dengan SOP secara tertulis
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by MILA KHUROTUL AINI -
Pembagian kerja yang baik adalah memeberikan tugas kepada setiap orang dengan disesuaikan porsi, karakteristik dan cara kerja seseorang. Dengan begitu semua akan merasa nyaman karena mereka melakukan sesuai dengan apa yang mereka bisa atau dalam artian mereka akan secara senang bekerjanya
In reply to Steven Steven

Re: Cara pembagian kerja

by SITTI RAHMAWATI -
1. Mengenal kemampuan anggota tim
2. Pembagian tugas yang adil
3. Memberikan kebebasan untuk berpendapat
4. Membuat kesepakatan secara bersama