Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial

by I Made Mudiana -
Number of replies: 1

dalam setiap implementasi suatu kegiatan, tentunya akan ada tujuan yang akan capai, dari pencapain tujuan tersebut tentunya akan adanya suatu kendala, kendala umum dalam pemetaan sosial muncul pada kuranggnya kontribusi pihak external dalam melakukan pemetaan sosial, sehingga dalam pemerolehan data akan menjadi suatu kendala. pakah terdapat kendala lain dalam melakukan pemetaan sosial?

In reply to I Made Mudiana

Re: Pemetaan Sosial

by ROSYADAH HERCEGOVINA RANATI -
PM200408
Rosyadah Hercegovina Ranati
Izin memberi pendapat, saya setuju dengan kendala umum yang kakak tulis. Menurut saya terdapat juga kendala lain dalam melakukan pemetaan sosial seperti kurangnya pendekatan kepada masyarakat baik dalam hal menganalisis permasalahan yang sedang terjadi, pemahaman terhadap lokasi dan kehidupan sosial masyarakat, maupun pengidentifikasian karakteristik masyarakat.
pemetaan sosial membutuhkan pemahaman mengenai kerangka konseptual masyarakat yang dapat membantu dalam membandingkan elemen-elemen masyarakat antara wilayah satu dengan wilayah lainnya. misalnya luas wilayah masyarakat tiap daerah berbeda, komposisi etnik, status sosial-ekonomi, dan lainnya.