Akar permasalahan dalam konteks pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari beberapa aspek:
- Kualitas dan Kualifikasi Guru: Banyak guru yang belum memenuhi standar kualifikasi minimal, yang berdampak pada kualitas pengajaran. Program peningkatan kualifikasi guru perlu diperkuat.
- Distribusi Guru: Ketidakmerataan distribusi guru, terutama di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal), menyebabkan akses pendidikan yang tidak setara. Ini perlu diatasi melalui insentif bagi guru untuk mengajar di daerah tersebut.
- Fasilitas Pendidikan: Fasilitas yang belum memadai di banyak daerah menghambat proses belajar mengajar. Investasi dalam infrastruktur pendidikan di daerah terpencil sangat penting.
- Tingkat Ekonomi: Kondisi ekonomi keluarga juga mempengaruhi putus sekolah. Banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang terpaksa berhenti sekolah untuk membantu perekonomian keluarga.
- Kesadaran Pendidikan: Masyarakat di beberapa daerah mungkin belum sepenuhnya menyadari pentingnya pendidikan, yang dapat memengaruhi tingkat partisipasi anak-anak dalam pendidikan.