1. Langkah-langkah penting dalam melakukan analisis kebutuhan pembelajaran :
- Mengidentifikasi masalah yang harus diselesaikan dalam pembelajaran
- Mengumpulkan data dengan membuat klasifikasi siswa dan tentukan siapa yang akan terlibat dalam kegiatan
- Menganalisis data dengan pertimbangan ekonomi, ranking, frekuensi dan kebutuhan agar dapat memahami kebutuhan yang dialami siswa
- Menyajikan kebutuhan untuk memilih tindakan yang paling efektif
- Menganalisa keefektifan pembelajaran
- Melakukan rivew dan refleksi pada proses pengajaran agar dapat memastikan bahwa kebutuhan siswa terpenu
2. 1.) Mengidentifikasi kesenjangan antara pengetahuan siswa saat ini dan tujuan pembelajaran yang diharapkan;2.) Guru dapat menerapkan pendekatan pembelajaran yang berbeda untuk memenuhi berbagai gaya belajar; 3.) Menggunakan tes untuk mengukur pengetahuan siswa sebelum dan setelah pembelajaran; 4.) Mengamati interaksi siswa dengan materi dan partisipasi mereka dalam kegiatan pembelajaran; 5.) Membuat survei untuk memahami pengalaman belajar siswa