1. Langkah-langkah penting dalam melakukan analisis kebutuhan pembelajaran adalah identifikasi tujuan pembelajaran, pengumpulan data seperti Lakukan observasi terhadap peserta didik salah satunya dengan cara kumpulkan informasi tentang kemampuan awal, analisis kesenjangan, prioritaskan kebutuhan kebutuhan pembelajaran yang paling mendesak dan penting, dokumentasi hasil.
2. Hasil analisis kebutuhan membantu dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dengan cara: menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik, memilih metode pengajaran yang cocok dengan karakteristik peserta didik, merancang aktivitas pembelajaran yang mendukung tujuan dan mengatasi kesenjangan, mengalokasikan sumber daya (waktu, pengajar, sarana) sesuai prioritas, menetapkan kriteria evaluasi yang selaras dengan tujuan dan kebutuhan, memungkinkan personalisasi pembelajaran untuk mengakomodasi keragaman peserta didik. Dengan memanfaatkan hasil analisis ini, strategi pembelajaran menjadi lebih relevan, efektif, dan efisien dalam memenuhi kebutuhan nyata peserta didik.