Diskusi Karbohidrat

Diskusi Karbohidrat

Diskusi Karbohidrat

by REGINA PUTRI NAILAH -
Number of replies: 0

Tanggapan saya pada proses pembuatan dan pemanggangan roti manis dengan bahan-bahan seperti tepung terigu, ragi, mentega, gula, dan tambahan pangan lainnya memang menjadi kunci dalam menghasilkan roti manis yang lezat.

Beberapa hal yang akan saya tanggapi adalah : 

• Peran Ragi 

   Ragi memiliki peran penting pada proses fermentasi. Ragi tersebut akan mengubah gula menjadi gas karbon dioksida dan alkohol. Gas inilah yang menyebabkan adonan mengembang dan membuat roti memiliki tekstur yang lembut dan berpori. Berkat ragi, adonan pada roti diisi dengan asam amino. Dimana asama amino ini merupakan komponen penting dari reaski Maillard dan reaksi pencoklatan (karamelisasi).

• Aroma pada roti

  Wangi yang tercium pada proses pemanggangan ini berasal dari reaksi Maillard. Reaksi Maillard merupakan reaksi non-enzimatik yang terjadi antara gugus amino dengan gugus pereduksi, sehingga menghasilkan senyawa yang berwarna coklat. Reaksi ini dapat terjadi apabila makanan yang mengandung gula dan protein seperti roti ini mengalami proses pemanasan. Reaksi ini menghasilkan senyawa-senyawa aromatik yang khas pada roti. 

Jadi, selama proses pemanggangan, karamelisasi dan reaksi Maillard ini membantu menghasilkan bau yang khas pada roti. Senyawa organik Volatil yang dilepaskan selama proses pemanggangan berkontribusi pada aroma khas pada ragi.