1. Analisis pembelajaran dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengindentifikasi, menganalisis, mencari beberapa hal yang harus atau perlu dilakukan oleh guru sebelum pembelajaran dimulai. Untuk melakukan analisis pembelajaran ada banyak yang harus dilakukan antara lain analisis karakteristik peserta didik, analisis teknologi, dan sumberdaya. Analisis itu digunakan bertujuan agar untuk meningkatkan dan juga hasil belajar. Adapun langkah- langkah yang harus dilakukan:
- Mengindentifikasi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
- mengumpulkan data melalui survei, wawasan, dan observasi
- Analisis target audiens pahami latar belakang, pengetahuan sebelumnya dan gaya belajar peserta didik
- Identifikasi kesenjangan, bandingkan kondisi saat ini dengan tujuan yang diinginkan
- Prioritas kebutuhan, Tentukan kebutuhan mana yang paling mendesak
- Rumusan rekomendasi, berdasarkan analisis buat rekomendasi untuk program atau metode pembelajaran yang sesuai
- evaluasi dan uji coba setelah melakukan implementasi, evaluasi efektivitas, program dan lakukan perbaikan berdasarkan umpak balik.
2. Hasil dapat membantu merancang strategi pembelajaran yang mana dengan melakukan analisis kebutuhan pembelajaran ini sangat berpengaruh dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif. Hasil dari analisis tersebut dapat membangun keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, menentukan metode pembelajaran, dan lain sebagainya.