Forum Diskusi 3: Perencanaan Proyek

Diluar Kendali

Diluar Kendali

by Widia Anggi Palupi -
Number of replies: 6

Bagaimana jika perencanaan proyek sudah sangat matang tetapi dalam implementasi tidak sesuai, kira-kira apa yang harus dilakukan?

In reply to Widia Anggi Palupi

Re: Diluar Kendali

by RIKO RAHMAN -
Segera direncanakan plan cadangan dan mengimplementasikan sesuai rencana bersama-sama.
In reply to Widia Anggi Palupi

Re: Diluar Kendali

by Ahmad Ghozali -
Dalam mengimplementasikan perencanaan seharusnya diperlukan adanya monitoring dan evaluasi (monev) secara berkala untuk mengetahui apakah pelaksanaan program telah sesuai dengan rencana program yang telah dibuat. Kegiatan monev terseebut juga diperlukan untuk memperbaiki hal hal yang kurang sesuai dalam pelaksanaan program sehingga harus dibuat rencana baru apabila rencana yang telah disusun kurang efektif jika diimplementasikan secara langsung
In reply to Widia Anggi Palupi

Re: Diluar Kendali

by MUHAMMAD FADLI ANUGRAH RIVAI -
Dari awal hingga akhir, setiap proyek membutuhkan rencana yang menguraikan bagaimana segala sesuatunya akan dimulai, bagaimana mereka akan dibangun, dan bagaimana mereka akan menyelesaikannya.

Hal pertama yang patut untuk diketahui dan disadari oleh banyak pihak yaitu tujuan serta manfaat yang diharapkan dari pengaturan proyek tersebut. Pada dasarnya pengaturan seperti cara kita memonitoring/memantau jalannya proyek ini bertujuan untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Sehingga pada perjalanannya tidak ada kendala yang menghentikan jalannya proyek atau menimbulkan keterlambatan pada proyek itu sendiri.

Dalam proses pemantauan, perlunya juga komunikasi yang dibangun dalam melihat masalah yang akan terjadi yang nantinya akan melahirkan berbagai macam altenatif solusi terhadap masalah tersebut.
In reply to Widia Anggi Palupi

Re: Diluar Kendali

by Nurma Dwi Sadini Putri -
Dalam perencanaan proyek seharusnya sudah diprediksi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada saat implementasi. Oleh karena itu, saat masalah itu terjadi kita telah memiliki persiapan. Namun apabila sebelumnya tidak dapat diprediksi, kita harus dapat berpikir kritis dan fleksibel agar dapat mengatasi hal-hal yang diluar kendali tersebut.
In reply to Nurma Dwi Sadini Putri

Re: Diluar Kendali

by Anis Dwi Lestari -
Ijin menambahkan mba, setuju banget opini dari mba norma. setiap perencanaan tentu membutuhkan partisipasi dari masyarakat. Nothing without us about us, kita tidak dapat melakukan perencanaan tanpa sudut pandang dari masyarakat yang menjadi target. Berangkat dari sudut pandang masyarakat itulah kita bisa membuat perencenaan sosial. Dan pastinya perencanaan ini dirancang untuk kepentingan masyarakat umum, tanpa adannya sekelompok masyarakat yang terintimidasi dalam rencana tersebut.
In reply to Widia Anggi Palupi

Re: Diluar Kendali

by RAHARDIA UTAMI -
biasanya dalam pembangunan proyek harus disiapkan segala bentuk perencanaan (dalam fisik maupun tidak) itulah biasanya dibuat manajemen resiko. agar dapat memperkirakan potensi apa yang akan terjadi dan bagaimana menanggapinya.
namun untuk permasalahan 'implementasi tidak sesuai' sedangkan perencanaan di-claim sudah sangat matang, mungkin perlu evaluasi untuk mengetahui titik permasalahan yang harus diperbaiki (jika mungkin).