Forum Diskusi Modul V: Social Enterpreneurship

Social Enterpreneurship sebagai wadah pemberdayaan masyarakat

Social Enterpreneurship sebagai wadah pemberdayaan masyarakat

by MUHAMMAD FURQON -
Number of replies: 3

Halo, Saya Muhammad Furqon dari Universitas Udayana. Social enterpreneurship atau kewirausahaan sosial merupakan sebuah konsep yang dimana bahwa kewirausahaan ini tidak hanya berpatokan terhadap profit saja, namun bagaimana cara memberdayakan masyarakat sekitar yang mana nantinya bertujuan agar mendapatkan kesejahteraan bersama. Kewirausahaan sosial ini juga merupakan salah satu wadah penting bagi masyarakat, yang dimana masyarakat dapat lebih mengenal dan mempererat hubungan antar satu dengan lainnya, serta di lain sisi mereka juga mendapatkan profit bersama. Menciptakan inovasi bersama-sama yang berasaskan humanisme menjadikan konsep dari kewirausahaan sosial ini patut untuk terus digaungkan dan dikembangkan. Sekian pendapat dari saya, mohon ditambahkan atau dikoreksi jika terdapat kekeliruan. Terimakasih

In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Social Enterpreneurship sebagai wadah pemberdayaan masyarakat

by Maulana Iqbal Rizki -
Dalam Kinerja (Achievement)
Seseorang yang memiliki keinginan berprestasi sebagai suatu
kebutuhan (needs) dapat mendorongnya mencapai sasaran.
David McCleland mengatakan bahwa tingkat needs of
Achievement (n-Ach) yang telah menjadi naluri kedua (second
nature), merupakan kunci keberhasilan seseorang. N-Ach
biasanya juga dikaitkan dengan sikap positif, keberanian
mengambil resiko yang diperhitungkan (bukan gambling,
calculated risk) untuk mencapai suatu sasaran yang telah
ditentukan. Melalui Achievement Motivation Training (AMT),
enterpreneurship sikap hidup berani mengambil resiko untuk
mencapai sasaran yang lebih tinggi dapat dikembangkan
In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Social Enterpreneurship sebagai wadah pemberdayaan masyarakat

by NURUL ANNISA -
Nurul Annisa
Poltekesos Bandung

social enterpreneurship atau kewirausahaan sosial adalah tidak hanya berbicara tentang bagaimana menerapkan pendekatan yang praktis, inovatif, dan berkelanjutan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat, khususnya masyarakat kelas ekonomi bawah dan yang terpinggirkan. namun juga apa saja yang perlu dilakukan dalam memberdayakan masyarakat agar dapat memiliki kehidupan yang sejahtera. kewirausahaan ini adalah suatu peluang bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya atau meningkatkan perekonomiannya. dengan memunculkan berbagai inovasi serta mengembangkan berbagai kemampuan yang dimiliki masyarakat yang digunakan untuk menciptakan suatu peluang usaha bagi mereka. usaha yang diciptakan pun tidak semata-mata hanya untuk kesejahteraan individu saja tapi bagaimana memberikan peluang untuk orang lain agar kiranya mereka juga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya . maka dari itu kenapa social enterpreneurship dikatakan sebagai wadah pemberdayaan masyarakat.
In reply to MUHAMMAD FURQON

Re: Social Enterpreneurship sebagai wadah pemberdayaan masyarakat

by NADYA MARSHA MAKSUDY -
Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan sosial yang menjadi perhatian besar negara-negara berkembang termasuk Indonesia adalah mengembangkan kewirausahaan sosial atau social entrepreneurship. Social entrepreneurship adalah individu yang menggunakan waktu, semangat, dan energinya untuk membangun komunitas yang lebih baik dan bertekad untuk membawa perubahan positif di lingkungan masyarakat melalui berbagai program yang telah diputuskan untuk dilakukan. Implementasi pemberdayaan ekonomi melalui social entrepreneurship akan memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan, maka berbagai pihak yang berperan dalam melakukan pemberdayaan ekonomi secara terus menerus melakukan evaluasi dan perbaikan atas semua program pemberdayaan yang pernah dilakukan dengan memperhatikan berbagai faktor yang menjadi penghambat dan mendukung keberhasilan program pemberdayaan ekonomi.