- Yang saya rasakan saat perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum kurikulum 13 (K13) yaitu dalam KTSP setiap mata pembelajaran berdiri sendiri sedangkan dalam kurikulum 13 beberapa mata pembelajaran digabungkan menjadi 1 tema atau sering disebut juga dengan tematik. Kurikulum 13 mengurangi jumlah mata pelajaran tetapi menambah jam pembelajaran.
- Menurut saya pergantian kurikulum bagus karena dengan adanya perubahan dari KTSP menjadi K13 dapat mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar, seperti mengamati, bertanya, mencoba, dan menyimpulkan. Hal ini membuat siswa itu lebih terlibat dan bersemangat dalam belajar. Kemudian K13 mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema, sehingga siswa dapat melihat keterkaitan antara materi yang dipelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Kalau kurikulum berubah lagi yang harus diperbaiki yaitu lebih melibatkan siswa dalam proses pengembangan kurikulum untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Kemudian membuat kurikulum yang fleksibel agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru. Kemudian pula memberikan pelatihan yang memadai bagi guru agar mereka dapat mengimplementasikan kurikulum baru dengan efektif.