Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Pentingkah pengembahan Diri ?

Pentingkah pengembahan Diri ?

by ISMAIL BAGUS FAUZI -
Number of replies: 11

aat ini kita mungkin lupa betapa pentingnya pengembangan diri itu bagi diri kita sendiri, dimana pengembangan diri membantu memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri kita agar dapat dipergunakan sebagai bekal di masa yang akan mendatang.

Belajar mengembangkan diri di usia muda merupakan waktu yang sangat tepat, karena di usia inilah kita harus berfokus dalam menentukan karakter seperti apa yang akan kita gunakan di masa depan.

Akan ada banyak kemungkinan-kemungkinan yang akan datang dikemudian hari yang menghalangi tujuan dari hidup seseorang, oleh karena itu mengembangkan potensi diri di usia muda akan mempermudah kita pada nantinya dalam meraih tujuan-tujuan tersebut.

Lantas manfaat apa saja yang didapatkan pada saat kita memulai mengembangkan diri di usia muda? Yuk simak penjelasan berikut.

Dapat Mengenal Diri Lebih Dalam

Mencoba mengenal diri merupakan salah satu kunci utama dalam mengembangkan diri. Dimana jika kita tidak mengenal diri sendiri, maka akan sangat tidak mungkin kita bisa mencoba meningkatkan kualitas diri kita.

Dengan mengenal diri sendiri, maka kita akan mengetahui hal apa saja yang bisa membuat diri kita puas. Mulai dari hubungan antar manusia, kondisi kehidupan, dan kondisi pekerjaan yang dapat membuat kita senang.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan pada Diri

Seseorang yang mempelajari manfaat dari pengembangan diri tentunya mempunyai kemampuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada didalam dirinya. Dengan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada, maka hal tersebut dapat membantu kita untuk mencoba memperbaiki pribadi yang kurang dari diri kita.

Coba untuk fokus pada kekuatan diri dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi kekurangan diri tersebut dengan hal yang positif. Dengan begitu, kita akan lebih percaya diri untuk berdiri di atas kaki sendiri.

Memotivasi Diri

Motivasi pada dasarnya datang dari setiap diri manusia, namun motivasi tidak selalu datang di waktu yang tepat. Terkadang jika kita sedang mengalami kejenuhan pada diri kita, akan sangat sulit untuk mendapatkan motivasi bahkan kita sering menghiraukan perkataan orang-orang sekitar.

Tetapi jika kita fokus pada pengembangan diri, kita akan selalu memiliki kemauan saat melihat jalan. Artinya, meskipun dihadapkan pada situasi yang berat, kita akan tetap menghadapinya jika memang hanya jalan itu yang akan membuatmu lebih berkembang.

Memiliki Jenjang Kehidupan yang Baik

Saat seseorang menjadi pribadi dengan keterampilan dan kemampuan yang lebih baik, itu artinya kesempatan kita untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik akan semakin besar dan baik untuk pengembangan diri kita sendiri.

Dengan melatih diri untuk memiliki keterampilan yang baik maka seseorang akan mendapatkan kesempatan pekerjaan yang baik dan jabatan yang tinggi. Bahkan mendapatkan penghasilan yang tinggi pun menjadi kemungkinan yang terjadi.

Memiliki Koneksi Terhadap Orang Lain

Dilain itu semua, pengembangan diri tidak hanya tentang bagaimana cara kita meningkatkan kualitas yang ada pada diri kita namun pengembangan diri juga dapat dikaitkan kepada sikap dan kepribadian saat berhubungan dengan orang lain.

In reply to ISMAIL BAGUS FAUZI

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by GAVIN RUDI ADHYTIAN -
Menurut saya, pengembangan diri perlu dan penting dilakukan. Pengembangan diri akan bberdampak pada stidaknya dua hal yakni dampak pada diri sendiri dan dampak terhadap orang lain bahkan ke masyarakat. Dengan pengembangan diri akan meningkatkan kapasitas dan kualitas dari diri sendiri, dengan peningkatan ini akan berdampak pada orang lain dan bermasyarakat misalnya dapat bermanfaat bagi orang lain.
In reply to GAVIN RUDI ADHYTIAN

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by EMILIA SEPTINA -
Menurut saya, pengembangan diri itu sangat penting karena kita berada di era yang sudah snaagt-sangat modern, jika kita tidak mengupgrade diri kita, maka kita dapat tertinggal dengan orang lain, atau bahkan zaman yang akan menghentikan kita dengan segala kecanggihan teknologi.
In reply to EMILIA SEPTINA

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by Faradila yunika sandy -
Faradila Yunika
Universitas Mulawarman
setuju bgt sama opini ka emil, bahwa pengembangan diri sangat penting di era modern seperti ini, karena jika kita tidak melakukan pengasahan skill pada diri sendiri atau mungkin kasarnya kita lemah pada diri maka kita dapat tertinggal dari mereka-mereka yang terus mengasah skill atau kemampuannya.
In reply to GAVIN RUDI ADHYTIAN

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by YUNI YUNI -
pengembangan diri wajib dilakukan guna melatih ketrampilan dan menambah wawasan agar tidak ketinggalan zaman. memasuki era yang semakin modern tentunya diri juga perlu di upgrade
In reply to ISMAIL BAGUS FAUZI

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by Zahra Aulia Hasna -
Pengembangan diri menurut saya sangat penting karena meningkatkan diri untuk menjadi lebih baik bisa berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.
In reply to Zahra Aulia Hasna

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by Julia Ersa Nethania -
Pengembangan diri sangatlah penting untuk dapat membantu kita menghadapi banyak hal di segala situasi. Penting diingat bahwa kehidupan selalu berkembang dan berubah, dengan pengembangan diri maka kita akan siap menghadapi hal tersebut. Oleh karena itulah, sangat penting sekali pengembangan diri
In reply to ISMAIL BAGUS FAUZI

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by ANNISA FADJAR KUMALA DEWI -
Menurut saya saat ini pengembangan diri itu sangat penting karena teknologi yang ada saat ini semakin tahun akan semakin maju dan semakin modern. maka dari itu kita diharuskan untuk bisa mengikuti perkembangan zaman tersebut. Jika kita tidak dapat mengikuti perkembangan zaman maka kita akan merasa sangat kesulitan dalam segala hal termasuk dalam hal pekerjaan karena kita akan tertinggal dan tidak bisa mengikuti dan memanfaatkan teknologi yag semakin berkembang. Dan cara agar kita dapat mengikuti perubahan zaman tersebut yaitu dengan cara pengembangan diri. Kita harus selalu belajar dan mengupgrade skill yang kita miliki setiap saat.
In reply to ISMAIL BAGUS FAUZI

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by MAURINA SANRA RUSYDI -
menurut saya pengembangan diri sanagtlah penting karena dengan mengembangkan diri kita menjadi berani mencoba hal-hal baru sehingga bisa tahu dimana batasan kemampuan diri kita dan seberapa jauh pemahaman diri kita. dengan mengembangkan diri kita menajdi mengenal hal-hal baru dan memiliki pengalaman serta relasi yang banyak. pengembangan diri membuat kita menjadi lebih berpikir terbuka karena sering berlatih mangalami kesulitan dan memikirkan bagaimana penyelesaiannya.
In reply to ISMAIL BAGUS FAUZI

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by ANISA AULIA -
pengembangan diri sangat penting untuk kehidupan yang berprogres
In reply to ISMAIL BAGUS FAUZI

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by PROSPER GULINTANG ENGGAR PRIYANGGO -
Menurut saya pengembangan diri penting bagi kita. Dalam diri seseorang itu perlu dikembangkan, supaya diri kita menjadi lebih berkembang dan tidak tertinggal dengan yang lainnya. Dalam hal ini kita juga bisa mencari pengalaman, dari sesuatu yang baru, supaya diri kita bisa berkembang.
In reply to ISMAIL BAGUS FAUZI

Re: Pentingkah pengembahan Diri ?

by Ferdy Prasetio -
Mantap kak pemaparan Kaka panjang sekali. cib