Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

Problematika kewirausahaan sosial saat ini

Problematika kewirausahaan sosial saat ini

by Septianingsih Septianingsih -
Number of replies: 3

Dunia online memberikan perubahan dan pengaruh besar kepada seluruh masyarakat. Adanya peran selebgram dan media sosial menunjukan perubahan terjadi pada produk-produk alternatif sebagai perubahan gaya hidup. Antusias masyarakat memainkan media sosial dapat memberikan ide-ide baru yang dikemas dengan keinginan untuk mewujudkannya, seperti ingin mencetuskan sebagai enterpreneurship. Jangkauan dunia maya begitu luas, untuk itu tidak sedikit seseorang untuk mengikuti berbagai perkembangan ekonomi untuk memprediksi daya keuntungan bagi mereka yang mau dan bangkit dalam dunia penjualan e-comerce. Untuk itu peralihan yang sudah kita saksisakan dari peradaban revolusi industri sampai memasuki peradaban digital yang serba cepat dan mengikis semua peran gatekeeper.

Dari fenomena tersebut nyaris setiap sudut jejaring yang ditemui dari smartphone, dari fenomena yang ditemui penulis mengikuti apa yang dilakukan kaum muda, mulai memesan kuliner, menonton film indi, belanja online, mendengarkan musik, bermain game, dan sebagainya. Tidah hanya itu saja, penulis juga membaca dan mengkaji segala kejadian kehidupan, mulai dari korban-korban kekerasan siber akibat pertemanan, mulai dari korban-korban kekerasan seksual, perdagangan manusia, perdagangan alat-alat kesehatan, pembunuhan sebagai kelanjutan online dating, sampai kematian akibat kecanduan online game. untuk itu, bagaimana menurut saudara menanggapi hal tersebut dalam kewirausahaan sosial saat ini?

In reply to Septianingsih Septianingsih

Re: Problematika kewirausahaan sosial saat ini

by AMALIA PRATIWI -
PM121502
Amalia Pratiwi
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Izin menjawab. Memang benar, bahwa untuk sekarang ini perkembangan teknologi sudah cukup canggih. Semua orang, baik dari kalangan anak, remaja hingga lansia semuanya dapat mengakses internet dengan mudah. Beberapa kalangan mungkin dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik. Namun, juga ada beberapa kalangan lainnya yang menyalahgunakan teknologi tersebut untuk keuntungan sendiri atau merugikan orang lain.

Jika dilihat dari kewirausahaan sosial, maka penggunaan teknologi tentu sangat membantu para wirausaha untuk memperjualkan atau memperkenalkan produk kepada para pembeli. Selain itu dengan adanya teknologi, para pembeli juga akan dimudahkan dalam memilih produk dan melakukan transaksi tanpa harus bertemu dengan penjual. Pemanfaat teknologi tentu dapat berpengaruh baik jika penggunaannya tidak disalahgunkan. Namun, jika teknologi tersebut disalahgunakan maka saksi dan tindak pidana harus ia dapatkan.

Kasus-kasus belanja onlien masih sering terjadi, baik penjual dan pembeli mungkin pernah mengalami kerugian. Salah satunya seperti barang yang sampai tidak sesuai dengan foto produk yang ada di etalasi toko online. Kasus ini sering dialami oleh beberapa pembeli yang melakukan belanja onlien. Ketidaksamaan produk dengan foto yang ada di etalase tentu sudah termasuk pembohongan. Tindakan penjual tersebut tentu akan berpengaruh terhadap kualitas penilaian produk yang ia jual, penilaian produk mungkin akan mencapai nilai rendah dalam ketidakpuasan pembeli terhadap produk yang diterimanya.

Oleh karena itu, sebagai penjual kita harus memberikan kualitas produk terbaik, memposting foto produk dan menuliskan deskripsinya sesuai dengan kondisi barang yang dijual. Jangan sampai memberikan informasi yang salah dan tidak tepat. Begitupun dengan pembeli, sebagai pembeli perlu selektif dalam memilih online shop untuk membeli produk. Jika penilaian produk atau toko tersebut rendah maka harus bisa cari toko lainnya dengan penilaian yang lebih baik.
In reply to Septianingsih Septianingsih

Re: Problematika kewirausahaan sosial saat ini

by CHUSNUL QOTIMAH NITA PERMATA -
PM 200202
Chusnul Qotimah Nita Permata

Ijin menjawab,
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang memiliki sisi positif maupun negatif. Jika dilihat dari uraian diatas sebenarnya merupakan sisi positif dari berkembangnya teknologi di Indonesia, dimana ide baru bermunculan untuk meningkatkan perekonomian termasuk salah satunya melalui e-comerce. Akan tetapi, hal tersebut harus beriringan dengan perkembangan hukum yang berlaku di Indonesia, Sehingga dalam berkembangnya teknologi yang mampu menyelesaikan maslah dalam kewirausahaan sosial maka harus ditegakkan juga hukum yang berlaku agar dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang telah diuraikan diatas. Oleh karena itu, perlu adanya cyberlaw di Indonesia sudah dibentuk UU IT. Meskipun dalam pelaksanaan nya belum maksimal dan belum sepenuhnya terakomodasi dalam peraturan/ Undang-undang yang ada.
In reply to Septianingsih Septianingsih

Re: Problematika kewirausahaan sosial saat ini

by RIDWAN AZHARI -
Problematika kewirausahaan sosial yang terjadi saat ini sangatlah miris karena pada dasarnya kewirausahaan sosial di kalangan masyarakat khususnya di desa belum terjadi sepenuhnya. Karena pada zaman modern saat ini sudah banyak masyarakat kota yang sudah melakukan atau menjalankan perkembangan teknologi yang cukup canggih. Oleh karena itu, problem yang terjadi di desa khusus nya kewirausahaan sosial tidak sepenuhnya di laksanakan oleh masyarakat desa karena, sudah ketinggalan zaman