Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Apa aja sih metode dan teknik Pemetaan Sosial Masyarakat ?

Apa aja sih metode dan teknik Pemetaan Sosial Masyarakat ?

by RATU EXCEL EVICHA -
Number of replies: 1

Nama : Ratu Excel Evicha

No.Peserta : PM180409

Universitas : Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Survey Formal

Survey formal dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi standar dari sampel orang atau rumahtangga yang diseleksi secara hati-hati. Survey biasanya mengumpulkan informasi yang dapat dibandingkan mengenai sejumlah orang yang relatif banyak pada kelompok sasaran tertentu. Beberapa metode survey formal antara-lain:

  1. Survey Rumahtangga Beragam-Topik (Multi-Topic Household Survey). Metode ini sering disebut sebagai Survey Pengukuran Standar Hidup atau Living Standards Measurement Survey (LSMS).
  2. Kuesioner Indikator Kesejahteraan Inti (Core Welfare Indicators Questionnaire atau CWIQ).
  3. Survey Kepuasan Klien (Client Satisfaction Survey). Survey ini digunakan untuk meneliti efektifitas atau keberhasilan pelayanan pemerintah berdasarkan pengalaman atau aspirasi klien (penerima pelayanan).
  4. Kartu Laporan Penduduk (Citizen Report Cards).
  5. Laporan Statistik.

Pemantauan Cepat (Rapid Appraisal Methods)

Metode ini merupakan cara yang cepat dan murah untuk mengumpulkan informasi mengenai pandangan dan masukan dari populasi sasaran dan stakeholders lainnya mengenai kondisi geografis dan sosial-ekonomi. Metode Pemantauan Cepat meliputi:

  1. Wawancara Informan Kunci (Key Informant Interview).
  2. Diskusi Kelompok Fokus (Focus Group Discussion).
  3. Wawancara Kelompok Masyarakat (Community Group Interview).
  4. Pengamatan Langsung (Direct Observation).
  5. Survey Kecil (Mini-Survey).

Metode Partisipatoris

Metode partisipatoris merupakan proses pengumpulan data yang melibatkan kerjasama aktif antara pengumpul data dan responden. Pertanyaan-pertanyaan umumnya tidak dirancang secara baku, melainkan hanya garis-garis besarnya saja. Topik-topik pertanyaan bahkan dapat muncul dan berkembang berdasarkan proses tanya-jawab dengan responden. Terdapat banyak teknik pengumpulan data partisipatoris. Empat di bawah ini cukup penting diketahui:

  1. Penelitian dan Aksi Partisipatoris (Participatory Research and Action). Metode yang terkenal dengan istilah PRA (dulu disebut Participatory Rural Appraisal)
  2. Stakeholder Analysis.
  3. Beneficiary Assessment
  4. Monitoring dan Evaluasi Partisipatoris (Participatory Monitoring and Evaluation)