Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

pentingnya pemetaan sosial

pentingnya pemetaan sosial

by VADISA VADISA -
Number of replies: 3

Pemetaan sosial merupakan suatu metode yang dilakukan untuk  menunjukkan suatu gambaran visual lokasi  suatu kelompok atau masyarakat pada suatu wilayah tertentu sesuai dengan sasaran wilayah program. Selain itu pemetaan sosial juga  suatu proses indentifikasi masyarakat  atau kelompok melalui metode survey atau pengumpulan data untuk mengetahui kondisi dan karakteristik dari masyarakat atau kelompok dari wilayah yang jadi sasaran .Pentingnya pemetaan sosial yaitu agar kita bisa mengenali bagaimana kondisi dan karakteristik dari suatu masyarakat atau kelompok untuk mengembangkan apa saja rencana atau program yang akan dilakukan kedepannya untuk wilayah yang dilakukan pemetaan sosial tersebut .

In reply to VADISA VADISA

Re: pentingnya pemetaan sosial

by LISA REFTIANA -
Izin menambahkan. Menurut saya pemetaan sosial dilakukan untuk menentukan masalah yang perlu ditangani dan tindakan apa yang seharusnya dilakukan untuk menangani masalah tersebut. Dimana pemetaan dilakukan untuk menentukan potensi yang ada pada masyarakat dan juga menggambarkan kondisi yang terjadi pada masyarakat tersebut. Sehingga sebelum memulai sesuatu program yang akan dijalankan, penting untuk melakukan pemetaan sosial agar bisa memahami terlebih dahulu kondisi dan kebutuhan di wilayah tersebut.
In reply to VADISA VADISA

Re: pentingnya pemetaan sosial

by SYAHRANI NURUL APRILIA -
Syahrani Nurul Aprilia_Universitas Muhammadiyah Parepare.
Menurut saya dengan melakukan pemetaan sosial, maka akan tergambar jelas berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, seberapa penting atau mendesaknya permasalahan tersebut. Selain itu, pemetaan sosial dapat menjadi pedoman untuk menemukan permasalahan yang tepat sasaran sesuai dengan kondisi lingkungan fisik maupun sosial budaya masyarakat. Dalam pemetaan sosial perlu adanya partisipasi dari masyarakat yang menjadi subjek program nantinya. Karena terdapat beberapa masalah masalah sosial tidak melakukan pemetaan sosial dengan baik sehingga program yang dijalankan tidak berjalan dengan baik sampai akhir.
In reply to VADISA VADISA

Re: pentingnya pemetaan sosial

by UTOMO NURSEKHAH -
Pemetaan Sosial menjadi langkah pertama yang paling krusial dalam mengidentifikasi fakta-fakta dan perubahan yang terjadi di masyarakat. Pemetaan Sosial tidak cukup diartikan hanya sebatas metode teknis dalam pengambilan data (geografis, demografi, sosial ekonomi, dll). Pengambilan data melalui serangkaian teknik dan metode survey memang penting dan inti dari aktivitas Pemetaan Sosial itu sendiri. Dengan tanpa mengesampingkan urgensi Pemetaan Sosial harus di akui bahwa dalam prosesnya pemetaan sosial dapat menjadi jalan pembuka bagi seorang agen perubahan untuk membangun ikatan sosial dengan masyarakat. Hanya karena tuntutan obyektivitas data dalam assesment, sering kali kita melupakan nilai empati terhadap apa yang terjadi di masyarakat. Sehingga output data yang dihasilkan hanya berasal dari obyektivitas seorang enumerator tanpa melihat dari sudut pandang masyarakat hingga akhirnya berdampak pada efektivitas program sosial yang akan dijalankan.