Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Tujuan Pemetaan Sosial

Tujuan Pemetaan Sosial

by ROYHAN FADILLAH -
Number of replies: 5

Apakah pemetaan sosial sangat berpengaruh terhadap pendataan dalam satu permasalahan sosial?

In reply to ROYHAN FADILLAH

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by Anisa Wijayani -
menurut saya sangat berpengaruh. Karena tujuan dari kegiatan pemetaan sosial sendiri merupakan sarana untuk mendapatkan gambaran umum lingkungan masyarakat, sehingga dari adanya suatu pendataan yang di lakukan itu, dapat ditemukan permasalan sosial yang sedang terjadi di wilayah tersebut.
In reply to ROYHAN FADILLAH

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by HASBI ASHIDDIQI -
Menurut saya, pemetaan sosial memiliki pengaruh yang amat besar dalam pendataan dalam satu permasalah sosial. Karena pada dasarnya pemetaan sosial adalah salah satu cara mengenali kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Bisa dikaitkan bahwasannya pedataan juga salah satu proses mengenali karakteristik dari suatu masyarakat yang menjadi sasaran program.
Terkait permasalahan sosial, sangat amat diperlukan pengenalan terkait kondisi sosial budaya dari wilayah atau masyarakat. Jika tidak adanya pengenalan atau pemetaan sosial, maka suatu permasalahan sosial akan semakin rumit untuk dicarikan solusinya. Maka dari itu, saya beropini bahwa pemetaan sosial sangat berpengaruh dalam menyelesaikan permasalahan sosial.
In reply to HASBI ASHIDDIQI

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by ALYSSA INTAN BESTARI -
PM122303 Alyssa Intan Bestari - Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung
 
izin menambahkan, selain pengaruh yang disebutkan, menurut pendapat saya permasalahan sosial merupakan suatu kondisi serius di masyarakat yang apabila tidak segera dicari jalan keluarnya akan menimbulkan masalah baru dan melumpuhkan sendi - sendi kehidupan manusia, maka dengan melakukan pemetaan sosial tentu akan membantu kita dalam mencari solusi yang tepat sasaran, aplikatif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan sosial yang ada.
In reply to ROYHAN FADILLAH

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by ALDI RAHMAN -
iya sangat berpengaruh sebab untuk memetakan sosial diperlukan informasi mengenai permasalahan dan data dari suatu lokasi
In reply to ROYHAN FADILLAH

Re: Tujuan Pemetaan Sosial

by ROSY NISPRIYAWATI -
menurut saya pemetaan sosial ini berpengaruh terhadap pendataan dalam permsalahan sosial. pemetaaan sosial ini merupakan peta umum sebuah lokasi yang menggambarkan keadaan masyarakat maupun lingkungan fisik, sehingga dapat digunakan untuk menganalisa dan mendalami bersama masyarakat untuk memunculkan topik-topik dan tema-tema tertentu. Pemetaan sosial musti dilakukan secara partisipatif dan memberdayakan. Proses membangun pemahaman yang sistematis (systematic learning process), merupakan proses penggunaan kecerdasan kritis saling mendiskusikan tindakan mereka dan mengembangkannya, sehingga tindakan sosial mereka akan dapat benar-benar berpengaruh terhadap perubahan sosial dan dapat menyelesaikan suatu permasalahan sosial