Pertanyaan Pemantik:
1. Bagaimana teknologi adaptif dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan siswa?
Pada saat orang belajar dengan memanfaatkan teknologi sebagai bahan belajar (materi pembelajaran), dimana media yang digunakan harus bisa menyampaikan pembelajaran sesuai dengan karakteristik dari media yang digunakan untuk menyampaikan maksud dari materi pembelajaran yang disampaikan, materi pembelajaran menggunakan teknologi (Multimedia) terbagi menjadi 2 yaitu Multimedia Linier dan Non-Linier. Multimedia Linier yaitu penyampaian informasi secara simultan (kita tidak dapat memilih bahan apa yang diinginkan) seperti video pembelajaran dan animasi. Multimedia Non-Linier adalah metode pembalajaran dimana kita dapat memilih apa yang ingin kita pelajari (tutorial, game, simulasi dll) sehingga bentuknya jadi bermacam-macam.
2. Apa saja manfaat yang dapat diperoleh siswa dari penerapan pembelajaran adaptif dalam kelas?
a. Pembelajaran Lebih Mudah Dipahami
Berawal dari visual dan audio yang ditangkap oleh mata dan telinga dimana nantinya akan diasosiasikan menjadi pengetahuan oleh memori jangka panjang seseorang.
b. Melibatkan Banyak Referensi (Video, jurnal, berita dll)
Bahan pembahasan materi pembelajaran mudah diperoleh dari berbagai media sehingga informasi yang didapatkan secara umum akan melekat dengan waktu yang lama walaupun keseluruhan informasi dari sebuah media dapat diingat.
c. Pengelolaan Waktu Belajar Siswa
Siswa dapat dengan mudah dalam mengatur waktu antara bermain dengan belajar sehingga dapat mendorong siswa lebih percaya diri terhadap tugas yang diberikan.
a. Pembelajaran Lebih Mudah Dipahami
Berawal dari visual dan audio yang ditangkap oleh mata dan telinga dimana nantinya akan diasosiasikan menjadi pengetahuan oleh memori jangka panjang seseorang.
b. Melibatkan Banyak Referensi (Video, jurnal, berita dll)
Bahan pembahasan materi pembelajaran mudah diperoleh dari berbagai media sehingga informasi yang didapatkan secara umum akan melekat dengan waktu yang lama walaupun keseluruhan informasi dari sebuah media dapat diingat.
c. Pengelolaan Waktu Belajar
Siswa dapat dengan mudah dalam mengatur waktu antara bermain dengan belajar sehingga dapat mendorong siswa lebih percaya diri terhadap tugas yang diberikan.