Forum Diskusi 7: Manajemen Sumber Daya

Pembagian Sumber Daya

Pembagian Sumber Daya

by ROYHAN FADILLAH -
Number of replies: 6

Bagaimana cara pembagian sumberdaya dalam kelompok agar efektif dan optimal?

In reply to ROYHAN FADILLAH

Re: Pembagian Sumber Daya

by Anis Dwi Lestari -
Ijin menjawab, sumber daya akan lebih baik dan optimal apabila dikelompokan kedalam divisi yang memiliki kemampuan dan minat yang sama. Contoh kecil dalam organisasi di perkuliahan. BEM memiliki beberapa kementerian dengan fokus kerja yang berbeda-beda. Ada kementerian kajian strategi membahas mengenai isu kampus, kementerian keuangan mengatur keuangan BEM dan kementerian lainnya. Tentunya dengan adanya minat dan kemampuan yang sama maka proker akan berjalan dengan baik.
In reply to Anis Dwi Lestari

Re: Pembagian Sumber Daya

by HASBI ASHIDDIQI -
Izin menambahkan,
Hal itu dinamakan sebagai spesialisasi. Dan saya pun sepakat hal itu dapat memberikan dampak yang efektif dan optimal dalam suatu kelompok. Hak tersebut dikarenakan terdapat fokus yang jelas dari masing-masing bagian, baik dari fungsi, tujuan, ataupun peran.
In reply to ROYHAN FADILLAH

Re: Pembagian Sumber Daya

by I Putu Dika Putra Ariantika -
Menurut saya, dalam melakukan pembagian sumber daya menjadi suatu kelompok dapat dilakukan dengan cara melihat dan menimbang peluang serta dampak yang dimiliki dari sumber daya tersebut dalam sebuah pelaksanaan atau pemberdayaan suatu proyek. Pemetaan terkait peluang serta dampak ini mampu memudahkan kita dalam menyortir pekerjaan atau penempatan yang cocok nantinya untuk menggunakan sumber daya yang ada tersebut. Hal ini tentunya dapat juga ditinjau lebih dalam perihal kebutuhan adanya sumber daya tersebut dalam satu proyek tersebut. Tidak menutup juga bahwa kemampuan yang dimiliki sumber daya juga menjadi bahan acuan tambahan dalam pengelompokan atau pembagian sumber daya dalam kelompok
In reply to ROYHAN FADILLAH

Re: Pembagian Sumber Daya

by MUHAMMAD AKBAR BAADILLA -
spesialisasi, jika kita bekerja di bagian yang kita kuasai maka hasil yang akan didapat akan lebih maksimal
In reply to ROYHAN FADILLAH

Re: Pembagian Sumber Daya

by THREESIA AGUSTINA -
Agar pembagian sumber daya manusia di dalam kelompok bisa efektif dan optimal maka salah satu cara yang ditempuh adalah dengan melihat tiap individu mempunyai kekuatan / minat / spesialisasi di bidang apa. Karena kita sebagai manusia cenderung lebih fokus dan bahagia jika mengerjakan sesuatu yang disukainya.