Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

Membangun Team Work yang efektif

Membangun Team Work yang efektif

by DWI LESTARI -
Number of replies: 2

Suatu tim pasti memiliki perbedaan masing- masing. Hal tersebut sudah menjadi hal yang wajar, seperti yang kita tahu bahwa setiap manusia di ciptakan berbeda. Namun dengan perbedaan yang dimiliki, suatu tim harus bisa mencapai tujuan. Pengertian tim merupakan orang yang bekerja dan mengandalkan sesama tim dalam mencapai tujuan. Team work saat ini harus mengetahui tentang digital. Ketangkasan digital bukan hanya dari aspek komunikasi. Setiap team work harus bisa mengatasi segala perbedaan yang ada. Tantangan yang di hadapi milenial dalam membangun team work di era globalisasi yaitu harus bisa atau sadar mengenai jati diri, dan apa yang akan dilakukan. Team work harus bisa mendampingi masyarakat untuk melakukan kegiatan baik dari segi keilmuan, keagamaan, ke industrian, maupun kemanusiaan. 

Kriteria pengabdian masyarakat sendiri yaitu :

- Berdampak besar pada ketahanan

- Memiliki nilai inovasi dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat

- Dapat mengatasi permasalahan

- Bernilai Integrasi

- Memiliki nilai output konpetitif

- Berpeluang memperbaiki kualitas hidup

In reply to DWI LESTARI

Re: Membangun Team Work yang efektif

by FERDIAN YOGA ADITAMA -
Ferdian Yoga Aditama
PM150709
Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Berbicara mengenai membangun teamwork yang efektif perlu adanya pembagian tim yang sesuai porsi masing-masing. Pembagian jobdesc sesuai dengan kapabilitas dan kemampuan setiap anggota. Dalam melakukan kerja kelompok juga diperlukan komunikasi yang baik untuk meminimalisir adanya salah presepsi di suatu kelompok.
In reply to DWI LESTARI

Re: Membangun Team Work yang efektif

by Sustina Wigati -
cara membangun teamwork yang efektif adalah
1. adanya komitmen .Komitmen sangat penting dalam suatu teamwork, bila tidak ada komitmen maka sebuah teamwork sekalipun memiliki skill yang bagus mereka tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Komitmen sama halnya dengan tujuan bersama. Bila komitmen sudah dibentuk maka akan mudah bagi teamwork untuk melangkah.
2. tujuan yang sama. Teamwork dibentuk untuk mencapai tujuan besama, namun masih ada beberapa anggota yang memiliki pemahaman berbeda dari anggota lainnya. Ini adalah tugas ketua team untuk membuat pemahaman yang berbeda menjadi pemahaman yang sama satu sama lain. Kesamaan pemahaman akan memudahkan langkah teamwork untuk menjalankan beberapa hal atas pencapaian tujuan bersama.
3. Menyatukan langkah untuk mencapai tujuan yang diharapkan bersama
Karena teamwork dibentuk untuk pencapaian tujuan bersama maka setiap langkah yang dilakukan oleh anggotanya harus seiring sejalan dengan anggota lainnya. Dalam teamwork harus ada kesatuan langkah untuk pencapaian tujuan, jika langkah anggota team tidak seiring maka sangat sulit bagi team tersebut untuk mencapai tujuan yang telah diprogramkan.