1. a. ADDIE terdiri dari lima fase Analisis, Desain, pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi yang biasanya diikuti secara berurutan. Menekankan perencanaan yang matang dan dokumentasi di setiap tahap sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, dan evaluasi dilakukan di setiap tahap, tetapi lebih bersifat formatif dan sumatif di akhir.
b. SAM ( Successtive Approximation Model), SAM mengikuti pendekatan yang lebih fleksibel prosesnya terdiri dari iterasi dimana tim dapat kembali dan memperbaiki elemen berdasarkan umpan balik yang diterima di setiap tahap. Model ini mendorong keterlibatan yang lebih besar dari berbagai pemangku kepentingan, seperti instruktur dan peserta didik, sehingga desain pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan nyata di lapangan. SAM memfasilitasi pengembangan prototipe materi pembelajaran lebih awal, yang memungkinkan pengujian ide-ide dan konsep dengan cepat, serta mendapatkan umpan balik yang di perlukan sebelum produk final dibuat.
Secara keseluruhan, ADDIE adalah model yang lebih sistematis dan terstruktur, ideal untuk proyek yang memerlukan perencanaan mendalam. Sementara itu, SAM lebih adaptif dan cocok untuk lingkungan yang dinamis, dimana perubahan dan umpan balik cepat sangat pentingĀ
2. Desain interaktif seringkali melibatkan elemen gamifikasi, diskusi kelompok, dan kegiatan praktis yang membuat pembelajaran lebih menarik. Dapat meningkatkan pemahaman konsep, pembelajaran interaktif mendorong siswa untuk terlibat secara aktif, bukan hanya sebagai penerima informasiĀ