Forum Diskusi 2: Komunikasi

Tentang komunikasi

Tentang komunikasi

by MUHAMMAD FADHIL HARAHAP -
Number of replies: 2

komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

 

komunikasi yang baik dapat berpengaruh terhadap kesejahteraan seseorang. komunikasi yang baik jangan hanya fokus pada diri sendiri, kemudian mendengarkan dengan baik ketika orang lain berbicara, memperhatikan nada dan bahasa tubuh, bersikap jujur dan terbuka, bersikap mendukung, jangan memberikan nasihat tanpa diminta. dari menerapkan komunikasi yang baik kita dapat menerima manfaat nya yaitu dapat membangun kepercayaan, mencegah dan mengatasi masalah yang sedang dialami, menciptakan hubungan yang baik, mendapatkan pengarahan, meningkatkan kedekatandan kekompakan, meningkatkan partisipasi dan produktivitas kelompok.

In reply to MUHAMMAD FADHIL HARAHAP

Re: Tentang komunikasi

by SAOKI FIRDAUS -
Komunikasi sebagai interaksi menurut Mulyana(2000:61-69) Komunikasi merupakan suatu proses sebab-akibat atau aksi-reaksi secara bergantian baik verbal ataupun non-verbal.Misalnya :seseorang menyampaikan informasi kepada pihak penerima yang kemudian  memberikan respon atas informasi yang diterimanya  itu untuk  kemudian pihak pertama  bereaksi  lagi  setelah  menerima respon  atau umpan balik dari orang atau pihak kedua,dan seterusnya.Komunikasi demikian berorientasi pada pembicara :    a speaker - centered philosophy of communication dan mengabaikan kemungkinan seseorang bisa mengirim dan atau menerima informasi pada saat yang sama. Di sini unsur  umpan balik  (feed-back) menjadi cukup penting. Bagaimana  pihak pengirim dan penerima suatu informasi bisa silih berganti peran karena persoalan umpan balik.
In reply to MUHAMMAD FADHIL HARAHAP

Re: Tentang komunikasi

by ISNI IDZULHAQ NURAIZZAN -
Komunikasi adalah suatu proses percakapan sosial yang dilakukan baik oleh individu atau pun kelompok agar terjalinnya suatu hubungan misalnya untuk bertukar informasi dan juga terhubungnya dengan orang lain dan lingkungan sekitar kita.

Dengan adanya komunikasi yang baik seperti menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan bahasa yang tidak menyinggung orang lain, memerhatika cara atau sikap kita dalam berkomunikasi dengan orang itu bisa menjadi salah satu kunci untuk kita bisa mendapatkan kepercayaan. Komunikasi juga sebisa mungkin harus adanya feedback atau komunikasi secara 2 arah agar komunikasi yang kita lakukan bisa efektif.