Diskusi Sesi Ke-13

Diskusi sesi 13

Diskusi sesi 13

by SERVINA DWI ANJANI -
Number of replies: 0

1. Proyek Cerita Inspiratif. Siswa menulis cerita pendek atau puisi berdasarkan kisah nyata tentang nilai-nilai kebaikan, seperti kejujuran, tanggung jawab, atau kerja sama. Mereka bisa memilih tokoh atau peristiwa inspiratif dari kehidupan sehari-hari di sekitar mereka. Adapun nilai Karakter yang terdapat pada program ini yaitu dapat mengembangkan sikap empati, kejujuran, dan kepedulian. Selain itu, dapat menambah Keterampilan Bahasa dengan menulis narasi, mengembangkan kosakata, dan mengembangkan keterampilan bercerita.

2. Drama atau Teater Mini tentang Nilai Karakter. Siswa membuat skenario sederhana yang mengandung nilai-nilai seperti disiplin, gotong royong, dan toleransi, lalu menampilkannya dalam bentuk drama atau teater mini di kelas atau sekolah. Ini akan mendorong sikap bekerja sama, menghargai orang lain, dan sikap percaya diri. Dapat menambah keterampilan bahasa dengan berlatih berbicara, melatih intonasi, dan memahami struktur dialog.

3. Kegiatan Menulis Surat untuk Pahlawan. Siswa menulis surat kepada tokoh pahlawan atau figur inspiratif yang mereka kagumi. Surat ini bisa berisi tentang bagaimana mereka ingin meneladani sifat baik sang pahlawan atau refleksi tentang pentingnya nilai kepahlawanan. Dapag meningkatkan rasa cinta tanah air dan menghargai perjuangan orang lain. Dapat meningkatkan Keterampilan Bahasa: Keterampilan menulis formal, pengembangan struktur paragraf, dan penggunaan bahasa yang sopan.

4. Jurnal Reflektif Harian. Setiap hari atau minggu, siswa diminta menulis refleksi singkat tentang tindakan baik yang mereka lakukan atau nilai yang mereka terapkan, seperti kerja keras, kemandirian, atau tanggung jawab. Dapat membantu siswa mengembangkan kesadaran diri, introspeksi, dan pengendalian diri. Dapat menambah Keterampilan menulis deskriptif, mengekspresikan perasaan dan pemikiran secara tertulis.

5. Pameran Buku dan Puisi Bertema Karakter. Siswa membaca dan menganalisis buku atau puisi yang mengandung pesan moral, kemudian menyusun laporan atau ulasan, dan menyajikan karya tersebut dalam sebuah pameran di sekolah. Membiasakan siswa berpikir kritis, memahami perbedaan pendapat, dan melatih sikap menghargai karya orang lain. Keterampilan Bahasa: Meningkatkan keterampilan membaca, menganalisis teks sastra, dan menulis ulasan kritis.

6. Cerita dan Kisah Rakyat Berbasis Budaya Lokal. Siswa menulis ulang atau mengadaptasi cerita rakyat dari daerah masing-masing, lalu membacakannya kepada teman-teman. Kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan diskusi mengenai pesan moral di balik cerita tersebut. Dapat menanamkan nilai karakter rasa cinta budaya dan nilai gotong royong. Dapat menambah keterampilan bahasa menyusun cerita, berbicara di depan umum, dan berlatih intonasi serta ekspresi.