Diskusi Sesi Ke-13

jawaban disksusi sesi 13

jawaban disksusi sesi 13

oleh SYANABIAWAN MARYATI NURHAKIM -
Jumlah balasan: 0

Berikut adalah beberapa contoh proyek berbasis karakter yang bisa dilakukan di sekolah untuk mengembangkan keterampilan bahasa dan sastra Indonesia sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter.

1. Penulisan Cerpen atau Puisi Bertema Karakter.

   - Deskripsi: Siswa diminta menulis cerpen atau puisi dengan tema tertentu, seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, atau kerja sama. 

   - Keterampilan yang Dikembangkan: Menulis kreatif, penggunaan diksi dan gaya bahasa.

   - Nilai Karakter: Melalui tema, siswa dapat merefleksikan nilai-nilai yang dikehendaki dalam kehidupan sehari-hari dan menghayati pentingnya nilai tersebut.

2. Drama atau Teater Nilai Karakter.

   -Deskripsi: Siswa menyusun naskah dan memerankan drama atau teater tentang nilai-nilai karakter tertentu.

   - Keterampilan yang Dikembangkan: Berbicara, ekspresi, pemahaman alur cerita, dan penokohan.

   - Nilai Karakter: Gotong royong, saling menghormati, dan empati (melalui kerja kelompok dan penghayatan peran).

3. Proyek Buku Cerita Bergambar untuk Anak-Anak.

   - Deskripsi: Siswa menulis cerita anak-anak yang sederhana dan melengkapinya dengan ilustrasi. Tema cerita bisa tentang persahabatan, kasih sayang, atau kebersihan.

   - Keterampilan yang Dikembangkan: Menulis narasi sederhana, tata bahasa, kreativitas visual.

   - Nilai Karakter: Kasih sayang, toleransi, dan kebersihan.

4. Pembuatan Majalah Sekolah dengan Fokus Karakter

   - Deskripsi: Siswa membuat majalah sekolah yang memuat artikel, cerita, wawancara, dan puisi bertema karakter.

   - Keterampilan yang Dikembangkan: Menulis jurnalistik, wawancara, editing, dan desain tata letak.

   - Nilai Karakter: Kerja sama, disiplin, dan rasa tanggung jawab.

5. Podcast atau Video Tema Nilai Karakter.

   - Deskripsi: Siswa membuat podcast atau video bertema karakter, misalnya membahas pengalaman mengenai toleransi atau tanggung jawab di sekolah atau lingkungan mereka.

   - Keterampilan yang Dikembangkan: Berbicara efektif, berpikir kritis, dan teknik penyuntingan media.

   - Nilai Karakter: Keterbukaan, toleransi, dan kejujuran (melalui cerita nyata atau simulasi).

6. Proyek Biografi Tokoh dengan Nilai Karakter Positif.

   - Deskripsi: Siswa menulis biografi singkat tentang tokoh yang menginspirasi, baik tokoh nasional maupun lokal, yang mencerminkan karakter positif.

   - Keterampilan yang Dikembangkan: Menulis informatif, penelitian, dan struktur naratif.

   - Nilai Karakter: Inspirasi dari tokoh, kerja keras, dan rasa hormat.

Dengan berbagai proyek ini, siswa tidak hanya belajar keterampilan bahasa dan sastra, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk merefleksikan nilai-nilai karakter, baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial mereka.