Forum Diskusi 2: Komunikasi

Pentingkah komunikasi dalam pemetaan sosial?

Pentingkah komunikasi dalam pemetaan sosial?

by PRIMA ADI KURNIAWAN -
Number of replies: 3

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam menjalin sebuah interaksi antar individu. Dalam sebuah komunikasi perlu memperhatikan beberapa aspek diantaranya kedua individu harus saling merasa nyaman dan aman selain itu juga dilakukan dengan nada yang sopan dan menggunakan senyuman. Sekarang seberapa pentingkah komunikasi digunakan dalam pemetaan sosial?

In reply to PRIMA ADI KURNIAWAN

Re: Pentingkah komunikasi dalam pemetaan sosial?

by KHAIRUNNISA KHAIRUNNISA -
izin menjawab, menurut saya komunikasi dalam pemetaan sosial sangatlah penting. sebelumnya perlu diketahui bahwa pemetaan sosial merupakan proses identifikasi yang dilakukan untuk menemukan dan mengenali kondisi di masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Nah, untuk menggali "data" (kondisi masyarakat) ini dapat kita lakukan dengan survey langsung pada masyarakat, yang mana kegiatan tersebut akan menciptakan adanya interaksi diantara kita dengan masyarakat (komunikasi). Dengan memperhatikan aspek komunikasi yang Anda sebutkan maka dapat menciptakan situasi yang nyaman sehingga kita juga bisa mendapatkan data yang lengkap, hal ini membuat kita dapat melakukan pemetaan sosial dan perencanaan program dengan baik.
In reply to PRIMA ADI KURNIAWAN

Re: Pentingkah komunikasi dalam pemetaan sosial?

by SYAFITRI NUR FALAH -
izin menjawab terkait seberapa pentingkah komunikasi digunakan dalam pemetaan sosial? menurut pendapat saya tentu sangatlah penting karena dlam pemerataan sosial diperlukan komunikasi antar satu kelompok dengan kelompok lainnya, dan satu wilayah dengan wilayah lainnya hal ini dilakukan agar pemetaan sosial dalam wilayah tersebut merata. dan program yang telah dibuat juga akan berhasil.
In reply to PRIMA ADI KURNIAWAN

Re: Pentingkah komunikasi dalam pemetaan sosial?

by RINA AJIZAH -

izin menjawab, komunikasi memang erat kaitannya dengan pemetaan sosial, dimana kegiatan tersebut memerlukan pemahaman mengenai karakteristik suatu masyarakat dan pola pikir mereka, sehingga dengan adanya komunikasi baik secara verbal maupun non verbal diharapkan input dan output dari pemetaan sosial itu sendiri dapat dilakukan secara maksimal