Beberapa contoh proyek berbasis karakter yang dapat diterapkan di SD/MI untuk mengembangkan keterampilan bahasa dan sastra Indonesia, sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter yaitu:
PROYEK 1: MENGADAPTASI DONGENG LOKAL MENJADI KOMIK STRIP
• Tujuan: Meningkatkan kemampuan menulis kreatif, memahami struktur cerita, dan menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya lokal.
• Pelaksanaan: Siswa memilih dongeng lokal yang mereka sukai, kemudian mengadaptasinya menjadi komik strip. Mereka dapat mengembangkan karakter, dialog, dan alur cerita sesuai imajinasi mereka.
• Nilai karakter: Kreativitas, kerja sama, tanggung jawab, apresiasi terhadap budaya.
PROYEK 2: MEMBUAT MAJALAH DINDING BERTEMA LINGKUNGAN
• Tujuan: Meningkatkan keterampilan menulis berita, opini, dan puisi, serta menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.
• Pelaksanaan: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing bertanggung jawab atas bagian yang berbeda dalam majalah (redaksi, penulis, ilustrator). Mereka dapat menulis berita tentang kegiatan lingkungan di sekolah, opini tentang masalah lingkungan, atau puisi yang menginspirasi.
• Nilai karakter: Kerja sama, tanggung jawab, kepedulian sosial, cinta lingkungan.
PROYEK 3: MEMBANGUN PERPUSTAKAAN MINI KELAS
• Tujuan: Meningkatkan minat baca, memperkaya kosakata, dan menumbuhkan kebiasaan membaca.
• Pelaksanaan: Setiap kelas mengumpulkan buku-buku bacaan yang beragam, baik buku cerita, buku pengetahuan, maupun majalah anak. Siswa secara bergiliran bertanggung jawab mengelola perpustakaan mini ini.
• Nilai karakter: Disiplin, tanggung jawab, kerja sama, cinta ilmu pengetahuan.
PROYEK 4: MEMENTASKAN DRAMA PENDEK BERDASARKAN NOVEL ANAK
• Tujuan: Meningkatkan pemahaman terhadap teks sastra, keterampilan berbicara di depan umum, dan kemampuan bekerja sama dalam tim.
• Pelaksanaan: Siswa memilih novel anak yang menarik, kemudian mengadaptasinya menjadi drama pendek. Mereka dapat membuat naskah, membuat kostum, dan melatih pementasan.
• Nilai karakter: Kreativitas, kerja sama, percaya diri, disiplin.
PROYEK 5: MEMBUAT VIDEO PENDEK TENTANG TOKOH PAHLAWAN NASIONAL
• Tujuan: Meningkatkan kemampuan menulis naskah, berbicara di depan kamera, dan menumbuhkan rasa nasionalisme.
• Pelaksanaan: Siswa memilih tokoh pahlawan nasional yang mereka kagumi, kemudian membuat video pendek yang menceritakan kisah hidup dan perjuangan tokoh tersebut.
• Nilai karakter: Nasionalisme, rasa hormat, tanggung jawab, semangat juang.