Diskusi Sesi Ke-13

Sesi 13

Sesi 13

by AFIFAH AFRA AMATULLAH -
Number of replies: 0

Berikut adalah beberapa contoh proyek berbasis karakter yang dapat dilakukan di sekolah untuk mengembangkan keterampilan bahasa dan sastra Indonesia, sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter:

 

 1. Proyek Penulisan Cerita Inspiratif

   - Deskripsi: Siswa diminta menulis cerita pendek yang bertemakan nilai-nilai positif, seperti kejujuran, kerja sama, atau tanggung jawab.

   - Tujuan Pengembangan: Proyek ini mengasah kemampuan menulis, merangkai alur cerita, dan memperkaya kosakata. Selain itu, siswa belajar mengekspresikan nilai-nilai moral dalam tulisan.

   - Nilai Karakter yang Ditanamkan: Kejujuran, tanggung jawab, empati, dan rasa hormat terhadap sesama.

   - Langkah Pelaksanaan: 

     - Guru memberikan arahan mengenai struktur cerita inspiratif.

     - Siswa menulis cerita yang mengandung pesan moral, lalu mendiskusikan cerita tersebut dalam kelompok untuk mendapatkan umpan balik.

     - Cerita terbaik bisa dipajang di majalah dinding atau diterbitkan di buletin sekolah.

 

 2. Proyek Pementasan Drama Berbasis Nilai Karakter

   - Deskripsi: Siswa membuat naskah drama berdasarkan cerita rakyat atau kisah tokoh inspiratif yang mengandung nilai moral, kemudian menampilkan drama tersebut di depan kelas atau sekolah.

   - Tujuan Pengembangan: Meningkatkan keterampilan menulis, berbicara, dan berekspresi; memperdalam pemahaman tentang nilai moral dalam sastra Indonesia.

   - Nilai Karakter yang Ditanamkan: Kerja sama, disiplin, dan menghargai budaya.

   - Langkah Pelaksanaan: 

     - Siswa bekerja dalam kelompok untuk menulis naskah, membagi peran, dan berlatih bersama.

     - Mereka menampilkan drama di hadapan teman-teman dan guru, yang kemudian memberi umpan balik.

     - Setelah pementasan, siswa diminta merenungkan nilai-nilai karakter dari tokoh-tokoh dalam cerita.

 

 3. Proyek Buku Kumpulan Puisi Bertema Sosial

   - Deskripsi: Siswa diminta menulis puisi bertema sosial, seperti persahabatan, lingkungan, atau keadilan, yang kemudian dikumpulkan menjadi satu buku antologi puisi kelas.

   - Tujuan Pengembangan: Mengembangkan keterampilan menulis puisi dan berkreasi dengan bahasa, serta mendorong siswa mengamati lingkungan sosial di sekitar mereka.

   - Nilai Karakter yang Ditanamkan: Kepedulian sosial, cinta lingkungan, dan rasa tanggung jawab.

   - Langkah Pelaksanaan: 

     - Siswa menulis puisi secara mandiri atau dalam kelompok kecil, lalu berbagi puisi mereka di kelas.

     - Setelah memilih puisi-puisi terbaik, siswa menyusun dan menyunting karya mereka bersama-sama untuk dijadikan buku antologi.

     - Buku ini bisa disumbangkan ke perpustakaan sekolah atau dibagikan kepada siswa lain sebagai inspirasi.

. oyek Jurnal Membaca dan Resensi Buku

   - Deskripsi: Siswa diberi tugas untuk membaca buku sastra Indonesia, lalu menuliskan jurnal refleksi atau resensi singkat tentang buku tersebut.

   - Tujuan Pengembangan: Meningkatkan keterampilan membaca, memahami alur cerita, serta mengembangkan pemikiran kritis dalam menulis resensi.

   - Nilai Karakter yang Ditanamkan: Cinta membaca, disiplin, dan tanggung jawab.

   - Langkah Pelaksanaan: 

     - Siswa memilih buku dari perpustakaan, lalu membaca dan menuliskan kesan mereka setiap kali selesai membaca satu bab atau bagian.

     - Di akhir proyek, siswa menulis resensi buku untuk dipresentasikan di depan kelas.

     - Kegiatan ini bisa didukung dengan diskusi kelompok untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap nilai-nilai dalam cerita.

 5. Proyek Pembuatan Majalah Dinding Kelas

   - Deskripsi: Siswa membuat majalah dinding bertema sastra Indonesia, dengan isi seperti cerpen, puisi, pantun, atau artikel pendek tentang tokoh sastra.

   - Tujuan Pengembangan: Melatih keterampilan menulis, berkreasi, dan merancang tata letak, serta memperkenalkan siswa pada literatur Indonesia.

   - Nilai Karakter yang Ditanamkan: Kerja sama, tanggung jawab, kreativitas, dan rasa bangga terhadap budaya Indonesia.

   - Langkah Pelaksanaan:

     - Siswa dibagi menjadi tim, seperti tim penulis, editor, ilustrator, dan desainer.

     - Setiap siswa menyumbangkan tulisan atau gambar sesuai tema yang telah disepakati, lalu menyusunnya di majalah dinding.

     - Majalah dinding ini bisa diperbarui setiap bulan untuk menjaga semangat literasi di kelas.

 6. Proyek Pidato atau Ceramah tentang Nilai Moral dalam Sastra Indonesia

   - Deskripsi: Siswa menulis dan menyampaikan pidato singkat atau ceramah tentang nilai-nilai moral yang ditemukan dalam karya sastra Indonesia, seperti cerita rakyat atau novel terkenal.

   - Tujuan Pengembangan: Melatih keterampilan berbicara di depan umum, berpikir kritis, dan mengekspresikan pendapat.

   - Nilai Karakter yang Ditanamkan: Kepercayaan diri, tanggung jawab, dan kesadaran moral.

   - Langkah Pelaksanaan:

     - Siswa memilih sebuah cerita atau tokoh dalam sastra Indonesia yang menarik perhatian mereka.

     - Mereka menyusun pidato atau ceramah untuk dipresentasikan di depan teman-teman.

     - Setelah pidato, guru dan teman-teman memberikan umpan balik untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka.