Forum Diskusi Modul V: Social Enterpreneurship

Perbedaan Social Entrepreneurship dengan lembaga amal atau lainnya

Perbedaan Social Entrepreneurship dengan lembaga amal atau lainnya

by IRMA SAFITRI -
Number of replies: 2

Keunikan dari kewirausahaan sosial adalah tujuan tidak hanya kesejahteraan finansial tetapi juga kesejahteraan sosial dan lingkungan. Dan untuk mencapai.golnya usaha ini tidak mengharapkan ghibah atau pihak tertentu, sehingga dengan proses yang baik terciptalah dua tujuan besar daei kewirausahaan sosail yaitu berdampak dan berkelanjutan

In reply to IRMA SAFITRI

Re: Perbedaan Social Entrepreneurship dengan lembaga amal atau lainnya

by FERDIAN YOGA ADITAMA -
Ferdian Yoga Aditama
PM150709
Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Menurut saya perbedaan social entrepreneurship dengan lembaga amal adalah dari sisi dana yang terhimpun dan cara penyalurannya. Social entrepreneurship bisa menghimpun dana dari kegiatan berwirausaha untuk kepentingan sosial masyarakat, yang nantinya dana disalurkan dalam bentuk bantuan baik secara langsung uanh tunai maupun bentuk pelatihan pemberdayaan. Sedangkan lembaga amal sumber dayanya lebih bersifat spesifik dari instansi atau lembaga keagamaan, dan diberikan untuk kesejahteraan jamaah. Kedua kegiatan social entrepreneurship dan lembaga amal sama-sama mensejahterakan masyarakat sekitar.
In reply to IRMA SAFITRI

Re: Perbedaan Social Entrepreneurship dengan lembaga amal atau lainnya

by HANI ALFIAH -
Menurut saya perbedaan keduanya yakni kalau kewirausahaan sosial itu menjalankan kedua aspek yakni keuntungan dan kesejahteraan sosial, bisa dikatakan bahwa kewirausahaan sosial juga memikirkan benefit untuk organisasinya namun juga menjalankan kegiatan kesejahteraan sosial bagi masyarakat. Sedangkan apabila lembaga amal dll, lebih berfokus kepada kesejahteraan sosial juga menerima bantuan full dari para donatur atau sukarelawan untuk kepentingan sosial masyarakat.