Diskusi Pembelajaran 7

diskusi

diskusi

by RANDIGA FEBRIAN MURNI AZALEA -
Number of replies: 0

1.)

Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan SAM (Systematic Approach Model) adalah dua pendekatan yang berbeda dalam desain pembelajaran. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:
  1. Fokus Utama:
    • ADDIE: Model ini lebih berfokus pada proses sistematis dalam merancang kurikulum dan program pembelajaran. Setiap tahap dalam ADDIE bertujuan untuk memastikan bahwa desain pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran.
    • SAM: Model ini lebih menekankan pada pendekatan yang holistik dan iteratif dalam merancang pembelajaran. SAM menggabungkan elemen-elemen dari berbagai model desain pembelajaran untuk menciptakan pendekatan yang lebih fleksibel dan adaptif.
  2. Tahapan Desain:
    • ADDIE memiliki lima tahapan yang jelas: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Setiap tahap memiliki fokus dan aktivitas tertentu yang harus diselesaikan sebelum beralih ke tahap berikutnya.
    • SAM tidak memiliki tahapan yang tetap, tetapi lebih mengikuti siklus pengembangan yang berkelanjutan. SAM terdiri dari beberapa fase, termasuk Identifikasi Kebutuhan, Perancangan Pembelajaran, Pengembangan Materi, Implementasi, dan Evaluasi. Fase-fase ini dapat berulang dan disesuaikan berdasarkan umpan balik dan hasil evaluasi.
  3. Pendekatan Iteratif:
    • ADDIE: Meskipun memiliki tahapan yang berurutan, model ADDIE juga mendukung pendekatan iteratif. Setelah tahap Evaluasi, hasilnya dapat digunakan untuk memperbaiki dan menyempurnakan desain pembelajaran pada tahap-tahap sebelumnya.
    • SAM: Model SAM sangat mendukung pendekatan iteratif. Setelah setiap fase, umpan balik dan hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki dan menyempurnakan desain pembelajaran pada fase-fase sebelumnya. Ini memungkinkan model SAM untuk lebih responsif terhadap perubahan kebutuhan dan umpan balik pengguna.
  4. Keterlibatan Pengguna:
    • ADDIE: Model ini lebih berfokus pada peran desainer atau pengembang dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, keterlibatan pengguna (seperti mahasiswa atau peserta didik) tetap penting, terutama dalam tahap Evaluasi.
    • SAM: Model ini lebih menekankan keterlibatan pengguna sepanjang proses pembelajaran. Pengguna terlibat dalam setiap fase, mulai dari Identifikasi Kebutuhan hingga Evaluasi, untuk memastikan bahwa desain pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka.
Secara keseluruhan, baik ADDIE maupun SAM memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk merancang pembelajaran yang efektif dan efisien. Namun, perbedaan utama terlet pendekatan dan struktur yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut
2.)
Desain pembelajaran yang interaktif dapat secara signifikan mempengaruhi keterlibatan siswa dalam proses belajar dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa dampak positif dari desain pembelajaran interaktif terhadap keterlibatan siswa:
  1. Meningkatkan Minat dan Motivasi: Pembelajaran interaktif sering kali lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan metode tradisional. Dengan menggunakan elemen seperti video, animasi, permainan, dan simulasi, siswa cenderung lebih tertarik dan termotivasi untuk terlibat dalam proses belajar.
  2. Peningkatan Pemahaman dan Retensi: Melalui interaksi langsung dengan materi pembelajaran, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan retensi yang lebih baik. Aktivitas interaktif memungkinkan siswa untuk mengaplikasikan konsep-konsep dalam konteks nyata, sehingga memperkuat pembelajaran.
  3. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis: Pembelajaran interaktif sering kali melibatkan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Ini membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis, yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan akademis.
  4. Mendorong Kolaborasi dan Komunikasi: Banyak desain pembelajaran interaktif yang mendorong kerja sama dan komunikasi antar siswa. Melalui proyek kelompok, diskusi online, dan aktivitas kolaboratif lainnya, siswa belajar bekerja sama dan berbagi ide.
  5. Adaptasi dan Personalisasi: Pembelajaran interaktif dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar individu siswa. Dengan menggunakan teknologi adaptif, sistem dapat menyesuaikan tingkat kesulitan atau materi yang disajikan berdasarkan kemajuan dan preferensi siswa.
  6. Umpan Balik Segera: Siswa mendapatkan umpan balik segera dari aktivitas interaktif, seperti kuis, kuis interaktif, dan simulasi. Umpan balik ini membantu siswa memahami kesalahan mereka dan belajar dari pengalaman tersebut tanpa harus menunggu waktu yang lama.
  7. Meningkatkan Keterlibatan Emosional: Pembelajaran interaktif sering kali dirancang untuk menarik emosi siswa melalui cerita, musik, atau elemen naratif lainnya. Ini dapat menciptakan ikatan emosional yang lebih kuat dengan materi, membuat siswa lebih bersemangat untuk belajar.
  8. Penggunaan Teknologi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran interaktif membuat proses belajar menjadi lebih modern dan menarik. Siswa yang terbiasa dengan teknologi cenderung lebih nyaman dan tertarik dalam menggunakan alat digital untuk belajar.
Dengan memanfaatkan desain pembelajaran yang interaktif, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik, yang tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga membantu mereka memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik.