Diskusi Sesi Ke-15

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 15

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 15

by SHAFIYYAH SHAFIYYAH -
Number of replies: 0

Contoh teknik penilaian untuk keterampilan dan karakter, beserta penjelasan bagaimana teknik ini membantu dalam mengembangkan kompetensi dan nilai karakter siswa:

1. Penilaian Keterampilan

A. Observasi (Pengamatan Langsung)

  • Contoh : Mengamati cara siswa melakukan eksperimen sains, menari, atau membaca puisi di depan kelas.
  • Kegunaan : Teknik ini membantu guru menilai keterampilan secara real-time dan memahami kekuatan serta kelemahan siswa. Observasi langsung juga memberikan kesempatan kepada guru untuk segera memberikan umpan balik, yang membantu siswa mengasah keterampilan praktis mereka.

B. Penilaian Kinerja (Penilaian Kinerja)

  • Contoh : Siswa diminta membuat kerajinan tangan atau karya seni, lalu dinilai berdasarkan kreativitas, ketelitian, dan presisi proses.
  • Kegunaan : Teknik ini mendorong siswa untuk menampilkan hasil terbaik dari keterampilan yang telah dipelajari. Hal ini membantu siswa merasa memiliki tanggung jawab atas kinerjanya dan berlatih bekerja dengan standar yang tinggi.

c. Penilaian Portofolio

  • Contoh : Mengumpulkan karya siswa dalam satu portofolio selama satu semester, seperti menulis hasil cerita, menggambar, atau laporan kegiatan.
  • Kegunaan : Portofolio memberikan gambaran kemajuan siswa secara berkelanjutan. Siswa dapat melihat hasil karyanya dari waktu ke waktu, yang memotivasi mereka untuk terus meningkatkan keterampilannya.

d. Penilaian Proyek

  • Contoh : Siswa membuat proyek penelitian tentang budaya setempat, lalu menyajikannya dalam bentuk poster atau presentasi.
  • Kegunaan : Teknik ini membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, manajemen waktu, dan kerja sama tim. Proyek yang membutuhkan waktu untuk penyelesaiannya juga mengajarkan ketekunan kepada siswa.

2. Penilaian Karakter

a. Jurnal Reflektif

  • Contoh : Siswa menulis refleksi mingguan tentang pengalaman belajar atau kerja sama dengan teman.
  • Kegunaan : Jurnal ini memungkinkan siswa memikirkan tindakan dan keputusan mereka, yang sangat penting untuk pengembangan nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Guru juga dapat mengetahui nilai-nilai karakter siswa dari refleksi yang mereka tulis.

B. Penilaian Sikap melalui Observasi (Catatan Anekdot)

  • Contoh : Guru mencatat pengamatan tentang bagaimana siswa berperilaku di dalam dan di luar kelas, misalnya saat membantu teman yang mengalami kesulitan.
  • Kegunaan : Teknik ini memberikan gambaran nyata tentang bagaimana nilai karakter seperti kerja sama, kepedulian, dan rasa hormat terwujud dalam tindakan sehari-hari siswa. Guru dapat memberikan umpan balik yang spesifik dan relevan untuk memperkuat karakter positif.

C. Penilaian Diri (Penilaian Diri)

  • Contoh : Siswa mengisi kuesioner tentang sikap dan perasaan mereka terhadap tugas-tugas tertentu atau interaksi mereka dengan teman.
  • Kegunaan : Penilaian diri mendorong siswa untuk introspeksi, sehingga mereka belajar mengenali kekuatan dan kelemahan dalam karakter mereka sendiri. Ini juga mendorong mereka untuk bertanggung jawab atas perkembangan nilai-nilai karakter yang diinginkan.

D. Penilaian Sejawat (Penilaian oleh Teman Sebaya)

  • Contoh : Teman sekelas menilai sikap kerja sama atau kepemimpinan dari siswa yang lain dalam kegiatan kelompok.
  • Kegunaan : Teknik ini membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan empati, serta kesadaran akan pandangan orang lain terhadap diri mereka. Selain itu, siswa juga belajar menghargai masukan dari teman dan memperbaiki diri.

Teknik-Teknik Ini Membantu dalam Memahami Kompetensi dan Nilai Karakter Siswa

Penggunaan berbagai teknik penilaian ini tidak hanya menilai hasil akhir, tetapi juga proses belajar siswa. Dengan fokus pada observasi, refleksi, penilaian diri, dan penilaian kinerja, guru dapat memberikan pengalaman belajar yang menyeluruh. Teknik-teknik ini membantu siswa untuk:

  1. Menyadari Pentingnya Tanggung Jawab - Siswa merasa bertanggung jawab untuk menunjukkan perilaku yang baik dan hasil belajar yang optimal.
  2. Memperoleh Umpan Balik Konstruktif - Siswa mendapatkan masukan yang berguna untuk perbaikan keterampilan dan sikap mereka.
  3. Membangun Kepercayaan Diri - Dengan memantau kemajuan secara berkelanjutan, siswa dapat melihat perkembangan positif dari usahanya.
  4. Memahami Nilai Sosial - Teknik seperti penilaian oleh teman sebaya dan refleksi diri mendorong siswa untuk lebih memahami dan menghargai peran mereka dalam kelompok dan pentingnya etika kerja sama.