Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Pengalaman dan Kegagalan dalam Pengembangan Diri

Pengalaman dan Kegagalan dalam Pengembangan Diri

by Khusnul Nur Rochmah -
Number of replies: 1
Khusnul Nur Rochmah (PM151707) 
Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Semakin banyak pengalaman yang kita miliki semakin diri kita berkembang. Mungkin rasa takut untuk gagal itu ngebuat diri sendiri khawatir, ragu, dan berhenti buat menyoba hal baru. Tetapi kalau kita tetap mencoba hal tersebut, kita akan sadar kalau hal tersebut tidak semenakutkan itu. Dan tantangan merupakan sebuah proses, sekalipun kegagalan yang kita dapatkan menurutku gapapa. Akan ada banyak hal yang akan kita sadari dan dapatkan dari kegagalan tersebut, Jadi apa mungkin hal tersebut layak disebut sebagai kegagalan? Menurutku nggak.
Yang terpenting adalah sebuah proses, bukan hasil. Karena selama proses tersebut, kita dapat belajar banyak dan otomatis mendapatkan banyak.

In reply to Khusnul Nur Rochmah

Re: Pengalaman dan Kegagalan dalam Pengembangan Diri

by MUH. ILHAM -
Pengalaman dan kegagalan adalah dua hal yang penting dalam proses pengembangan diri. Dari pengalaman baik itu pengalaman tentang kegagalan ataupun keberhasilan keduanya berperan penting dalam pengembangan diri seseorang . Dari pengalaman kita dapat belajar apa yang menjadi kesalahan dan kebenaran, agar kesalahan tadi bisa kita pelajari berulang ulang agar dikemudian hari kita tidak akan mengulang kesalahan dan kegagalan yang sama