Diskusi Sesi Ke-15

sesi 15

sesi 15

by SASKIA SYALSA ZABILLAH JR. -
Number of replies: 0

Berikut adalah contoh teknik penilaian untuk berbagai keterampilan dan karakter yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta bagaimana teknik ini dapat mendukung pengembangan kompetensi dan nilai-nilai karakter siswa:

 

1. Keterampilan Membaca

 

Teknik Penilaian: Tes Pemahaman Bacaan, Diskusi Kelompok

 

Implementasi: Guru memberikan teks bacaan dan soal-soal pemahaman terkait. Diskusi kelompok dapat dilakukan untuk memperdalam pemahaman.

 

Pengembangan Kompetensi dan Karakter: Membantu siswa mengembangkan keterampilan literasi dan berpikir kritis. Diskusi kelompok juga melatih kerja sama, saling menghargai, dan bertanggung jawab terhadap pendapat kelompok.

 

 

2. Keterampilan Menulis

 

Teknik Penilaian: Penulisan Esai, Cerita Pendek, atau Puisi

 

Implementasi: Siswa diberikan tugas menulis sesuai tema tertentu. Rubrik penilaian mencakup aspek struktur, kosa kata, dan kreativitas.

 

Pengembangan Kompetensi dan Karakter: Mendorong kreativitas, kemampuan berpikir logis, dan kepekaan terhadap isu-isu sosial. Meningkatkan ketekunan dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.

 

 

3. Keterampilan Berbicara

 

Teknik Penilaian: Presentasi atau Berpidato, Bermain Peran (Role-play)

 

Implementasi: Siswa mempresentasikan topik atau memainkan peran dalam skenario yang telah disiapkan.

 

Pengembangan Kompetensi dan Karakter: Melatih kepercayaan diri, kemampuan komunikasi, dan keterampilan berpikir spontan. Siswa juga belajar menghargai pendapat orang lain saat menerima tanggapan atau pertanyaan dari audiens.

 

 

4. Keterampilan Mendengarkan

 

Teknik Penilaian: Tes Mendengarkan, Diskusi Terstruktur

 

Implementasi: Guru memutar audio atau membacakan cerita dan meminta siswa menjawab pertanyaan yang menguji pemahaman.

 

Pengembangan Kompetensi dan Karakter: Mengasah kemampuan fokus dan pemahaman. Melatih kesabaran dan rasa hormat ketika mendengarkan orang lain, terutama dalam diskusi.

 

 

5. Penilaian Karakter

 

Teknik Penilaian: Observasi, Jurnal Refleksi, Portofolio Karakter

 

Implementasi: Guru mengamati perilaku siswa sehari-hari atau meminta mereka menulis jurnal refleksi mengenai pengalaman pribadi yang menunjukkan nilai-nilai karakter (misalnya, integritas, kerja sama, tanggung jawab).

 

Pengembangan Kompetensi dan Karakter: Menguatkan nilai-nilai moral melalui refleksi dan pembiasaan perilaku positif. Portofolio membantu siswa memahami perkembangan diri mereka dalam membangun karakter yang baik.

 

 

Teknik-teknik ini dapat membantu siswa tidak hanya dalam mengembangkan keterampilan bahasa dan literasi, tetapi juga dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter penting, seperti kerja keras, disiplin, toleransi, dan sikap saling menghormati.