Berikut adalah beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan menyimak dan berbicara untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa di SD atau MI:
a. Bermain peran
Siswa dapat memerankan karakter dalam situasi tertentu sehingga dapat mengembangkan keterampilan berbicara dan mendengarkan.
b. Diskusi kelompok
Siswa dapat membahas topik atau masalah tertentu sehingga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, berargumentasi, dan mendengarkan pendapat orang lain.
c. Menulis jurnal
Siswa dapat mencatat pengalaman, perasaan, dan pemikiran mereka dalam bentuk tulisan sehingga dapat mengembangkan keterampilan menulis dan refleksi diri.
d. Tanya jawab
Guru dan siswa dapat berinteraksi dengan mengajukan dan menjawab pertanyaan untuk menggali pemahaman siswa tentang materi pelajaran.
Keterampilan menyimak dan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang tidak dapat dipisahkan. Keterampilan menyimak yang baik dapat membantu siswa memahami apa yang didengarnya dan menyerap lebih banyak informasi. Sementara itu, keterampilan berbicara dapat membantu siswa mengungkapkan pikiran atau perasaan kepada orang lain secara lisan.