Diskusi Sesi Ke-9

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 9

Menjawab pertanyaan diskusi sesi 9

by NURHIKMAH NURHIKMAH -
Number of replies: 0

Mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan menyimak dan berbicara di SD/MI dapat dilakukan melalui berbagai strategi kreatif yang tidak hanya meningkatkan keterampilan berbahasa tetapi juga menanamkan nilai-nilai positif. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1. Memilih Materi yang Mengandung Nilai Karakter

* Cerita Inspiratif: Gunakan cerita rakyat, dongeng, atau cerita pendek yang mengandung pesan moral seperti kejujuran, kerja keras, atau tanggung jawab. Misalnya, cerita Malin Kundang dapat mengajarkan tentang hormat kepada orang tua.

* Video atau Audio Edukatif: Pilih media audiovisual yang menggambarkan situasi-situasi yang melibatkan pengambilan keputusan berdasarkan nilai-nilai karakter.

2. Membuat Aktivitas Menyimak dengan Fokus pada Karakter

* Mendengarkan Cerita: Setelah menyimak cerita, tanyakan kepada siswa apa pesan moral yang mereka dapatkan dan bagaimana mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

* Identifikasi Nilai Karakter: Minta siswa mencatat perilaku positif dan negatif dari tokoh dalam cerita, lalu diskusikan dampaknya.

3. Mendorong Diskusi dalam Kegiatan Berbicara

* Role-Play atau Drama: Ajak siswa bermain peran berdasarkan cerita yang mereka dengar. Misalnya, memainkan adegan yang menggambarkan pentingnya kerja sama.

* Diskusi Kelompok: Berikan pertanyaan terbuka seperti, "Apa yang akan kamu lakukan jika berada dalam situasi tokoh utama?" untuk melatih keterampilan berbicara dan pengambilan keputusan berdasarkan nilai karakter.

* Presentasi Pendapat: Minta siswa berbicara di depan kelas tentang nilai yang mereka pelajari dan bagaimana mereka berencana untuk menerapkannya.

4. Mengaitkan Nilai dengan Kehidupan Sehari-hari

* Refleksi Personal: Setelah menyimak atau berbicara, ajak siswa untuk berbagi pengalaman mereka yang relevan dengan nilai-nilai dalam cerita.

* Kegiatan Praktis: Berikan tugas sederhana yang mencerminkan nilai karakter, seperti menolong teman atau menjaga kebersihan kelas, lalu diskusikan pengalaman mereka.

5. Menggunakan Media Kreatif

* Game Interaktif: Buat permainan yang melibatkan skenario berbasis nilai, seperti memilih tindakan yang paling jujur atau bertanggung jawab dalam situasi tertentu.

* Papan Cerita (Storyboard): Minta siswa menggambar adegan yang menggambarkan nilai-nilai karakter dari cerita yang mereka dengarkan, lalu presentasikan.

6. Menerapkan Penilaian Berbasis Karakter

* Observasi Sikap: Amati bagaimana siswa menerapkan nilai-nilai yang dipelajari selama kegiatan berbicara.

* Penilaian Reflektif: Berikan penugasan berupa tulisan atau diskusi kelompok tentang bagaimana mereka memahami dan menerapkan nilai-nilai karakter tersebut.

* Contoh Aktivitas:

Tema: Kejujuran

Menyimak: Dengarkan cerita pendek tentang seorang anak yang menemukan dompet dan mengembalikannya.

Berbicara: Diskusikan mengapa kejujuran penting, dan ceritakan pengalaman pribadi mereka terkait kejujuran.

Dengan cara ini, siswa tidak hanya terampil berbahasa, tetapi juga menjadi pribadi yang berkarakter baik.