Untuk mengembangkan dan memilih sumber belajar bahasa dan sastra Indonesia yang dapat menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa SD atau MI, kita dapat mempertimbangkan hal-hal berikut:
a. Pendekatan fungsional
Siswa dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat pengguna bahasa, sehingga mereka dapat merasakan fungsi bahasa dalam komunikasi.
b. Pembelajaran berbasis kompetensi
Penekanan pada keterampilan membaca dan menulis, serta penggunaan pendekatan interaktif, proyek berbasis bahasa, dan teknologi.
c. Pembelajaran yang menarik dan relevan
Siswa dapat memahami dan mengapresiasi bahasa dan sastra Indonesia, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya Indonesia.
d. Pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai karakter
Siswa dapat dibentuk menjadi pribadi yang berintegritas, bertanggung jawab, disiplin, dan memiliki sikap yang baik.
Beberapa nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan pada siswa, di antaranya: Religius, Jujur, Kerja keras, Kreatif, Mandiri.