Diskusi Sesi Ke-15

Sesi 15

Sesi 15

by AFIFAH AFRA AMATULLAH -
Number of replies: 0

Berikut adalah contoh teknik penilaian untuk keterampilan dan penilaian karakter beserta penjelasannya tentang bagaimana teknik-teknik tersebut dapat membantu dalam mengembangkan kompetensi dan nilai-nilai karakter siswa:

1. Penilaian Keterampilan

  • Keterampilan Kognitif (Pengetahuan)
    Teknik Penilaian: Tes Tertulis
    Penjelasan: Tes tertulis memungkinkan siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap konsep atau topik yang diajarkan. Tes ini mengembangkan keterampilan kognitif seperti analisis, sintesis, dan evaluasi. Hal ini membantu siswa dalam membangun kompetensi pengetahuan yang sistematis dan terstruktur.

  • Keterampilan Psikomotor (Praktik)
    Teknik Penilaian: Penilaian Kinerja
    Penjelasan: Penilaian kinerja dilakukan melalui observasi langsung terhadap praktik atau keterampilan yang dilakukan oleh siswa. Misalnya, dalam pelajaran seni atau olahraga, siswa akan dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam menghasilkan karya seni atau dalam melakukan gerakan-gerakan tertentu. Teknik ini membantu mengembangkan keterampilan teknis siswa secara praktis dan terukur.

  • Keterampilan Sosial
    Teknik Penilaian: Portofolio Kolaboratif
    Penjelasan: Siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek dan mencatat proses yang mereka jalani dalam sebuah portofolio. Ini memungkinkan siswa untuk belajar bekerja sama, berkomunikasi, dan memecahkan masalah secara tim. Teknik ini membantu siswa mengembangkan keterampilan interpersonal dan kerja tim.

2. Penilaian Karakter

  • Karakter Kejujuran
    Teknik Penilaian: Observasi
    Penjelasan: Guru mengamati perilaku siswa dalam situasi sehari-hari, seperti apakah mereka jujur saat ujian atau tugas kelompok. Observasi membantu guru menilai secara langsung nilai-nilai karakter siswa, seperti integritas dan kejujuran dalam tindakan mereka.

  • Karakter Tanggung Jawab
    Teknik Penilaian: Self-Assessment dan Refleksi Diri
    Penjelasan: Siswa diminta untuk melakukan refleksi diri mengenai tugas atau kegiatan yang telah mereka lakukan. Mereka harus mengidentifikasi pencapaian serta hal-hal yang perlu diperbaiki, memberikan gambaran sejauh mana mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka. Teknik ini mendorong siswa untuk lebih menyadari dan mengembangkan rasa tanggung jawab.

  • Karakter Empati
    Teknik Penilaian: Penilaian Berdasarkan Situasi
    Penjelasan: Melalui simulasi atau role-play, siswa ditempatkan dalam situasi yang menguji kemampuan mereka untuk memahami dan merespons perasaan orang lain. Teknik ini membantu siswa mengembangkan empati dan kemampuan untuk melihat masalah dari sudut pandang orang lain, yang penting dalam membentuk karakter yang peduli dan penuh kasih.

3. Penilaian Kompetensi dan Karakter secara Terintegrasi

Teknik Penilaian: Proyek Berbasis Masalah (PBL)
Penjelasan: Dalam PBL, siswa diberi masalah nyata untuk dipecahkan yang menggabungkan berbagai keterampilan (misalnya analitis, kreatif, kolaboratif) serta nilai-nilai karakter seperti kerjasama, kejujuran, dan tanggung jawab. Proyek ini memungkinkan penilaian yang lebih holistik karena siswa dinilai berdasarkan keterampilan yang mereka aplikasikan sekaligus karakter yang mereka tunjukkan dalam proses penyelesaian masalah.

Teknik-teknik penilaian tersebut tidak hanya fokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses yang dilalui siswa dalam mengembangkan kompetensi dan karakter. Dengan pendekatan ini, siswa didorong untuk tidak hanya mencapai tujuan akademik, tetapi juga memperkuat nilai-nilai karakter yang penting untuk kehidupan sosial mereka.