Forum Diskusi 2: Komunikasi

Ceritakan di sini bagaimana kamu berinteraksi dengan mereka teman disabilitas

Ceritakan di sini bagaimana kamu berinteraksi dengan mereka teman disabilitas

by FINARIYAH FINARIYAH -
Number of replies: 1

Sejatinya memang manusia tidak ada yang sempurna, setiapnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Menjadi seorang yang memiliki kekurangan bukanlah sebuah kesalahan. Tidak ada yang perlu disalahkan dari setiap kekurangan yang dimiliki. Pasti ada kelebihan tersendiri yang mungkin tidak semua orang bisa kenali.

Sayangnya masyarakat tak jarang merendahkan setiap kekurangan seseorang, seperti kekurangan yang diterima oleh teman disabilitas kita. Padalah jelas mereka tidak memilih untuk menjadi seperti itu. Itu adalah kehendak Tuhan.

Pernahkah teman-teman bertemu dengan teman disabilitas? Dahulu ketika saya masih SMP ada tetangga saya yang memiliki kekurangan tidak mampu berbicara, iya, ia seorang tunawicara. Orang lain sering melihat ia sebagai orang yang tidak memiliki kemampuan apapun. Itu hanya karena satu kekurangan. Sebenarnya yang salah adalah masyarakat itu sendiri, mereka tidak mengenali bahasa bagaimana tunawicara berbicara sehingga melihat seorang tunawicara tampak aneh.

Faktanya sekarang banyak para teman disabilitas hebat yang menunjukkan kehebatannya hingga kancah internasional. Kalau teman-teman lihat Paralympic Tokyo 2020 kemarin merasa tersentuh tidak sih? Mereka hebat-hebat sekali. Sementara kita yang diciptakan lengkap secara fisik telah memberi sumbangan apa untuk negara?

 

Ceritakan kisah teman-teman mengenai pertemuan dan pendapatan teman-teman sekalian terhadap teman disabilitas di sini.

In reply to FINARIYAH FINARIYAH

Re: Ceritakan di sini bagaimana kamu berinteraksi dengan mereka teman disabilitas

by EKA WULAN SAFRIANI -
Alhamdulillah saya beberapa kali dipertemukan dengan orang orang disabilitas yang mana juga jadi pembelajaran besar bagi saya. Bagi saya mereka bukan hidup berbeda dengan keterbatasan, tapi mereka hidup dengan kelebihannya. Saya pernah mendapat cerita dark salah satu disabilitas yang sekarang ini bergabung di relawan kebencanaan. Sebelum menjadi seperti sekarang ini dulunya beliau juga sempat berada dalam pase keterpurukan ketika dihadapkan dengan kondisinya, namun beliau mampu bangkit, untuk memjadi yang memnafaati terhadap yang membutuhkan.