bagaimana tips dan trik merencanakanan proyek mulai dari (melihat, menela'ah,mendiskusikan,mengkaji,menimbang,hingga terbentuklah suatu keputusan) dengan waktu yang relatif singkat yakni hanya 2 bulan saja?
Ada beberapa tips untuk merencanakan proyek yaitu :
1. Tetapkan tujuan yang jelas untuk proyek tersebut
2. Tetapkan ekspektasi sebelum eksekusi, Agar proyek dapat berhasil, semua orang harus selaras dalam mendapatkan informasi. Menyampaikan ekspektasi Anda sebagai pemimpin proyek dan meminta setiap orang untuk berkomunikasi dalam caranya sendiri adalah hal yang penting untuk mempersiapkan proyek. Ekspektasi ini juga harus disertai panduan untuk membantu tim mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3. Identifikasi potensi risiko dan cara mengelolanya jika masalah muncul, hal ini untuk menjaga progres proyek yang sudah berjalan dan membuat proyek tersebut tidak berhenti ketika adanya suatu hambatan.
4. Kurangi rapat yang tidak perlu, Rapat yang tidak perlu hanya membuang-buang waktu dan tidak optimal.
5. Laporan atau notulensi selama mengerjakan rapat, Satu-satunya cara Anda dapat terus memantau proyek adalah dengan mengumpulkan laporan secara rutin. Laporan atau notulensi membantu mengukur efisiensi alokasi sumber daya serta memastikan anggaran dan tenggat waktu dapat dikelola dengan baik.
1. Tetapkan tujuan yang jelas untuk proyek tersebut
2. Tetapkan ekspektasi sebelum eksekusi, Agar proyek dapat berhasil, semua orang harus selaras dalam mendapatkan informasi. Menyampaikan ekspektasi Anda sebagai pemimpin proyek dan meminta setiap orang untuk berkomunikasi dalam caranya sendiri adalah hal yang penting untuk mempersiapkan proyek. Ekspektasi ini juga harus disertai panduan untuk membantu tim mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3. Identifikasi potensi risiko dan cara mengelolanya jika masalah muncul, hal ini untuk menjaga progres proyek yang sudah berjalan dan membuat proyek tersebut tidak berhenti ketika adanya suatu hambatan.
4. Kurangi rapat yang tidak perlu, Rapat yang tidak perlu hanya membuang-buang waktu dan tidak optimal.
5. Laporan atau notulensi selama mengerjakan rapat, Satu-satunya cara Anda dapat terus memantau proyek adalah dengan mengumpulkan laporan secara rutin. Laporan atau notulensi membantu mengukur efisiensi alokasi sumber daya serta memastikan anggaran dan tenggat waktu dapat dikelola dengan baik.