Forum Diskusi 3: Perencanaan Proyek

Fungsi Perencanaan Proyek dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat

Fungsi Perencanaan Proyek dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat

by SYAMSI MUSTOFA SINGGIH PRAYOGO -
Number of replies: 2
Apakah arti penting perencanaan program pemberdayaan masyarakat?
 
 
Adanya suatu perencanaan program/kegiatan pemberdayaan masyarakat akan memberikan kerangka kerja (framework) yang dapat dijadikan acuan oleh para fasilitator dan semua pemangku kepentingan atau stakeholders (termasuk warga masyarakatnya) untuk mengambil keputusan tentang kegiatan-kegiatan yang seharusnya dilaksanakan.
In reply to SYAMSI MUSTOFA SINGGIH PRAYOGO

Re: Fungsi Perencanaan Proyek dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat

by DHEA RISKY AMELIA -
1. Perencanaan teknokrat
Tujuannya untuk membangun perencanaan strategis dan perencanaan kontingensi, menetapkan ketentuan-ketentuan, standar, prosedur petunjuk pelaksanaan serta evaluasi, pelaporan dan langkah taktis untuk menopang organisasi (Tomatala, 2010).
2. Perencanaan partisipatif
Tujuannya agar masyarakat diharapkan mampu mengetahui permasalahannya sendiri di lingkungannya, menilai potensi SDM dan SDA yang tersedia, dan merumuskan solusi yang paling menguntungkan.
3. Perencanaan top down
Tujuannya adalah untuk menyeragamkan “corak”, karena perencanaan top down menurut Djunaedi (2000) dalam kegiatan perencanaan kota dan daerah dilakukan dengan mengacu pada corak yang seragam yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan mengikuti “juklak dan juknis” (petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis).
In reply to SYAMSI MUSTOFA SINGGIH PRAYOGO

Re: Fungsi Perencanaan Proyek dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat

by TASYA YUNISHA ZUANA -
Diantara fungsi perencanaan proyek dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan melalui pendekatan partisipatif yakni memiliki peluang untuk mengembangkan dan menjamin suatu komunitas sosial masyarakat yang memungkinkan terjadinya proses belajar dari masyarakat untuk beradaptasi dan berintegrasi dengan lingkungannya. Pola seperti itu memungkinkan partisipasi masyarakat dapat dikembangkan secara optimal.