Teori pembelajaran Skinner
Teori ini berfokus pada respons atau tingkah laku yang kedua, yaitu operant behavior. Teori ini mengajarkan bahwa dengan menerapkan teori belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, maka kegiatan belajar mengajar akan menyenangkan.
Teori belajar kognitif
Teori ini menekankan bahwa proses pembelajaran lebih penting daripada hasil pembelajaran. Teori ini juga berpandangan bahwa belajar merupakan proses internal yang mencakup ingatan, pengolahan informasi, emosi, dan aspek-aspek kejiwaan lainnya.
Teori belajar humanistik
Teori ini menyatakan bahwa proses belajar membutuhkan sikap saling menghargai dan memahami antara murid dan gurunya.
Teori belajar Bruner
Teori ini mengatakan bahwa siswa seharusnya belajar dengan cara berpartisipasi secara aktif dengan konsep dan juga prinsip.
Teori belajar behavioristik
Teori ini dicetuskan oleh Gage dan Berliner. Teori ini menyatakan bahwa proses pembelajaran harus melahirkan sebuah perilaku atau tingkah laku dari dalam diri siswa.
Teori belajar konstruktivistik
Teori ini mengutamakan munculnya logika berpikir siswa. Teori ini juga menekankan kesetaraan antara peserta didik dan guru.