Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

tahapan manajemen risiko

Re: tahapan manajemen risiko

by Shinta Mawadatul 'afifah -
Number of replies: 0
Tahapan manajemen resiko:
1. Identifikasi Risiko
Langkah pertama pada tahapan manajemen risiko adalah mengidentifikasi risiko. Kamu harus mengetahui kemungkinan risiko apa saja yang akan muncul ketika kamu menjalankan bisnismu. Kamu perlu memperluas cakupan kemungkinan risiko dengan melihatnya melalui berbagai aspek seperti aspek ekonomi, aspek sosial, aspek regulasi dan sebagainya.

2. Menilai Risiko
Setelah kamu telah mengidentifikasi berbagai macam risiko yang mungkin muncul, langkah selanjutnya adalah melakukan assesment atau menilai setiap kemungkinan risiko yang dapat dilihat dari seberapa besar efek dari risiko tersebut dan kemungkinan frekuensi/berapa kali terjadinya risiko tersebut. Hal ini bertujuan agar risiko-risiko tersebut dapat diurutkan berdasarkan prioritas.

3. Pengelolaan/Respon Terhadap Risiko
Langkah selanjutnya adalah memastikan bagaimana kamu mengelola atau merespon terhadap risiko yang telah kamu analisa/nilai. Hal ini dilakukan untuk membentuk portofolio yang lengkap tentang bagaimana cara merespon setiap risiko yang muncul. Cara merespon tersebut ada beberapa cara diantaranya:

a. Risk Avoidance, yaitu mengambil tindakan untuk menghindari risiko-risiko yang akan terjadi. Misal, kalau kamu punya bisnis khawatir terjadi moral hazard maka kamu perlu hindari dengan menyeleksi dengan ketat karyawan yang akan bekerja di usahamu.
b. Risk Reduction, yaitu tindakan untuk mengurangi dampak yang telah terjadi. Misal, melakukan pengendalian lebih rutin terhadap internal perusahaan.
c. Risk Transfer, yaitu tindakan untuk mengelola risiko dengan cara mentransfer risiko tersebut terhadap pihak lain seperti asuransi.

d. Risk Retention, yaitu pengelolaan risiko dengan cara menghadapi risiko tersebut. Karena bagaimanapun risiko tersebut diluar kendali dan cara paling memungkinkan adalah dengan menghadapinya. Misal, risiko bencana alam.

4. Implementasi
Setelah menentukan sikap terhadap risiko, saatnya kamu implementasi setiap sikap tersebut ketika risiko tersebut terjadi di dalam bisnis/proyekmu.
5. Evaluasi
Inilah tahap terakhir dalam manajemen risiko yaitu melakukan evaluasi. Aktivitas ini dilakukan agar kamu bisa memastikan apakah sikap yang diambil ketika risiko tersebut terjadi sudah tepat apa belum. Jikalau belum artinya perlu dirumuskan kembali sikap yang tepat untuk menghadapi risiko tersebut.