Forum Diskusi 7: Manajemen Sumber Daya

CARA MENGEMBANGKAN SDM BERKUALITAS

CARA MENGEMBANGKAN SDM BERKUALITAS

by NURUL HIKMAH -
Number of replies: 0

Ada banyak cara mengembangkan SDM yang berkualitas  yang bisa dilakukan dalam pengembangan sumber daya manusia ini, antara lain : 

  1. Melakukan Pelatihan,

    Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan individu, dalam hal meningkatkan pengetahuan, keterampilan yang dimiliki, serta sikap atau manner  karyawan yang bersangkutan.

  2. Melakukan Pendidikan, Selanjutnya ialah pengembangan sumber daya manusia dengan cara edukasi atau pendidikan. Cara pengembangan SDM ini dapat  dilakukan oleh perusahaan dengan jalur pendidikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kerja, yang merupakan suatu pengembangan diri yang bersifat formal dan berhubungan langsung dengan karir mereka di organisasi tersebut.
  3. Melakukan Pembinaan, Berikutnya ialah melakukan pembinaan para karyawan di suatu perusahaan untuk mengembangkan SDM/  Pembinaan bisa dilakukan dengan mengatur serta membina para pegawai atau karyawan yang menjadi subsistem organisasi, dengan melalui beberapa program penilaian atau assessment  dan juga perencanaan. Hal-hal tersebut dapat menjadi salah satu strategi yang tepat dalam melakukan pengembangan sumber daya manusia di sebuah perusahaan tertentu, sehingga SDM yang dihasilkan dari pembinaan ini akan jauh lebih berkualitas.
  4. Melakukan Perekrutan, Mengembangkan SDM dengan cara rekrutmen sebagai langkah pengembangan sumber daya manusia.
  5. Melakukan Perubahan Sistem, Target dari perubahan ini adalah untuk melakukan penyesuaian atau adaptasi terhadap perubahan baik eksternal maupun internal perusahaan agar perusahaan tersebut tetap kompetitif dan relevan.
  6. Memberi Kesempatan, Aspek yang tidak kalah penting dalam pengembangan SDM adalah dengan memberi kesempatan pada setiap karyawan untuk menyalurkan ide, gagasan, pikiran, dan kreativitas mereka, yang akan membuat progres pada organisasi tersebut.
  7. Memberikan Penghargaan, Langkah terakhir dan yang terpenting adalah memberikan penghargaan kepada para pegawai. Jangan ragu atau pelit untuk memberi apresiasi atau penghargaan kepada para pegawai yang berprestasi atau yang berkontribusi positif terhadap organisasi.