Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

hal yang penting dalam kerja kelompok

hal yang penting dalam kerja kelompok

by ARLEN SASMITA -
Number of replies: 4

didalam kerja kelompok diperlukan adanya pembagian tugas yang adil dan merata, seta diperlukan adanya aprsiasi kepada semua kelompok kerja. Dengan apresiasi tersebut maka kelompok kerja akan bertambah semangat dalam kerja kelompok, juga bisa kerja nya tersebut dilakukan diluar lapangan agar merasa rilex dan hasil dari kerja kelompok tersebut akan maksimal  

In reply to ARLEN SASMITA

Re: hal yang penting dalam kerja kelompok

by TITIK YIPING DEVINA DAMAYANTI -
Izin menanggapi, menurut saya hal yang penting dalam kerja kelompok adalah adanya kerja sama dan komunikasi yang dapat dimengerti leh semu anggota tersebut. Hal ini karena jika salah satu angota mengalami kendala komunikasi, dalam artian di sini adalah terjadi miss communcation dalam tim maka projek yang dikerjakan bersama akan terhambat.
In reply to TITIK YIPING DEVINA DAMAYANTI

Re: hal yang penting dalam kerja kelompok

by ABDUL AZIZ -
1. Membuat deadline dan target dalam mengerjakan tugas
Tips pertama yaitu buatlah deadline dan target dalam mengerjakan tugas kelompok tersebut. Cobalah untuk memberikan tugas untuk masing-masing teman kelompok sesuai perannya dan berikan target deadline kapan tugas itu akan selesai. Selain itu, deadline tersebut sangatlah berguna untuk membuat tugas tersebut terselesaikan secara tepat waktu.
2. Bangun komunikasi yang baik antar kelompok
Tips kedua yaitu bangun komunikasi yang baik antar teman sekelompok. Membangun komunikasi sangatlah penting dalam tim. Ketika kita sudah membagi tugas kepada teman kita yang pemalas, kita harus tetap mengontrolnya dengan cara membangun komunikasi secara intensif.
3. Libatkan dalam hal pembagian tugas
Tips berikutnya nih, libatkan ia dalam hal pembagian tugas. Dalam tugas kelompok, kamu bisa membagi-bagi tugas tersebut kepada tiap teman dengan adil dan merata. Agar temanmu yang pemalas tadi memiliki tanggung jawab, pastikan dia juga kebagian dalam pembagian tugas. Cara tersebut boleh loh kamu coba.
4. Pilih waktu kerja kelompok yang tepat
Tips keempat yaitu pilihlah waktu kerja kelompok yang tepat. Kamu pasti sering menghadapi teman pemalas yang banyak sekali alasannya saat diajak kerja kelompok. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mencari waktu yang sesuai dan tepat dengan cara menyesuaikan jadwal dan waktu kosongnya. Dengan begitu, ia tidak bisa lagi mencari alasan lain untuk tidak ikut kerja kelompok.
5. Jangan ragu untuk memberi dia peringatan
Tips terakhir, jika cara-cara di atas tidak mempan dan tidak mempunyai efek terhadapnya, kamu bisa mencoba tips terakhir dengan memberikan peringatan langsung. Jangan ragu memberi peringatan secara langsung dan tegas terhadap teman pemalas tersebut. Kamu bisa memberi gertakan untuk tidak memasukkan namanya di dalam tugas tersebut. Cara itu diharapkan agar ia sadar akan tanggung jawabnya.
In reply to ARLEN SASMITA

Re: hal yang penting dalam kerja kelompok

by Vica Herza -
Menurut saya, hal terpenting dalam kerja kelompok adalah komunikasi sesama anggota kelompok. Komunikasi yang baik adalah dasar yang harus dicapai dalam pemecahan sebuah masalah, khususnya dalam kerja kelompok. Hal itu dikarenakan, kerja kelompok harus dikerjakan secara bersama-sama, bukan oleh individu, karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial.
In reply to ARLEN SASMITA

Re: hal yang penting dalam kerja kelompok

by Nur Waina Fattah -
Menurt saya, dalam kerja kelompok harus ada kerja sama yang baik, saling memahami, dan peka terhadap kerjaan