Forum Diskusi 6: Mitigasi dan Pengawasan

Mengapa mitigasi bencana sangat diperlukan ?

Mengapa mitigasi bencana sangat diperlukan ?

by AISYAH FANNIYATUL HAYAH -
Number of replies: 5

Mitigasi bencana sebagaimana dimaksud dalam dilakukan untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat yang berada pada kawasan rawan bencana. 

Ada empat hal penting dalam mitigasi bencana, yaitu:

a) Tersedia informasi dan peta kawasan rawan bencana untuk tiap jenis bencana.

b) Sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana, karena bermukim di daerah rawan bencana.

c) Mengetahui apa yang perlu dilakukan dan dihindari, serta mengetahui cara penyelamatan diri jika bencana timbul, dan

d) Pengaturan dan penataan kawasan rawan bencana untuk mengurangi ancaman bencana.

In reply to AISYAH FANNIYATUL HAYAH

Re: Mengapa mitigasi bencana sangat diperlukan ?

by Vica Herza -
Mitigasi bencana sangat diperlukan. Indonesia berada di garis khatulistiwa, termasuk di dalam ring of fire. Jadi Indonesia sendiri sangat berpotensi untuk sering terjadi bencana alam, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, tsunami. dan bencana alam lainnya. Bencana alam tersebut tidak sedikit memakan korban maupun menyebabkan kerusakan pada bangunan, sehingga mitigasi bencana hadir untuk meminimalkan korban dan kerusakan tersebut. Mitigasi bencana ini sangat penting karena sudah mencakup tindakan yang harus dilakukan sebelum, sedang, dan setelah terjadinya bencana, jadi masyarakat sendiri seharusnya lebih siap jika mitigasi bencana ini diterapkan dengan baik.
In reply to AISYAH FANNIYATUL HAYAH

Re: Mengapa mitigasi bencana sangat diperlukan ?

by CHUSNUL QOTIMAH NITA PERMATA -
Menurut saya, mitigasi bencana merupakan hal penting dan sangat diperlukan khususnya bagi masyarakat Indonesia. Kita tahu bahwa Indonesia salah satu negara yang memiliki potensi sering terjadi bencana alam. Sehingga Indonesia wajib menerapkan mitigasi bencana untuk seluruh wilayah terutama wilayah yang berpotensi sering terjadi bencana alam. Mitigasi bencana adalah suatu bentuk tindakan yang dapat mengurangi risiko jangka panjang dari ancaman bencana alam. Seperti video yang pernah kita lihat saat pembekalan, bahwasanya Bu Risma sudah melakukan upaya pemahaman mitigasi bencana didaerah Pacitan, Jawa Timur untuk mewaspadi bencana yang akan datang sewaktu-waktu didaerah tersebut.
Sekian, terimakasih.
In reply to AISYAH FANNIYATUL HAYAH

Re: Mengapa mitigasi bencana sangat diperlukan ?

by FADYA SALSABILLA RAMADANTI -
izin menambahkan mitigasi bencana sangat penting bagi masyarakat karena selain ilmu pengetahuan, masyarakat juga bisa langsung untuk membantu dari segi materi maupun non materi, sehingga dapat meminimalisir dampak yang terjadi ketika mengalami suatu bencana.
In reply to FADYA SALSABILLA RAMADANTI

Re: Mengapa mitigasi bencana sangat diperlukan ?

by AKMAL ROSADI SUHELI -
izin menambahkan bener sekali apa yang disampaikan oleh mba fadya, bahwasannya dengana danya mitigasi bencana masyarakat akan terbuka pemikirannya mengenai kesiapan dalam menghadapi bencana - bencana alam yang akan datang
In reply to AISYAH FANNIYATUL HAYAH

Re: Mengapa mitigasi bencana sangat diperlukan ?

by DEBY AMELIA PUTRI -
PM150406
Menurut saya mitigasi bencana sangatlah penting karena dengan adanya mitigasi bencana menjadi suatu upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat di kawasan rawan bencana, baik itu bencana alam, bencana ulah manusia maupun gabungan dari keduanya dalam suatu negara atau masyarakat.