Forum Diskusi 2: Komunikasi

Mengubah paradigma berfikir masyarakat yang terbelakang melalui komunikasi

Mengubah paradigma berfikir masyarakat yang terbelakang melalui komunikasi

by MUHAMMAD ROFI'I -
Number of replies: 0

Hal yang lumrah kita temukan di masyarakat suatu keterbelakangan baik dalm segi perekonomian, peradaban, perilaku, tata krama, dan lainnya. Tidak hanya terkena masyarakat pedalaman, desa bahkan masyarakat kota pun mengalami keterbelakangan dalam beberapa aspek kehidupannya. 

Apa yang harus kita lakukan untuk menyelesaikan masalah keterbelakangan ini? Tentunya setiap masyarakat memiliki cara/metode, solusi atas pemecahan masalahnya tersebut yang berbeda-beda. 

Tentunya kita harus merujuk apa paradigma yang menjadi "timbangan" suatu masyarakat tertentu mengalami keterbelakangan. Paradigma yang kita gunakan di negara ini tentunya adalah PANCASILA, untuk menerapkan Pancasila di tengah-tengah masyarakat yang beragam ini tentunya memerlukan Komunikasi yang tepat dan benar agar masyarakat tergugah pemikirannya dengan apa yang dialami oleh mereka saat ini dalam segi di beberapa aspek mengalami keterbelakangan. Ketika pemikiran mereka tergugah melalui komunikasi yang tepat dan benar tersebut sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, maka secara sendirinya masyarakat tersebut akan berbuat dan berperilaku seuai dengan paradigma yang ada dan disinilah kemudian KOMUNIKASI yang tepat dan benar diperlukan.