Forum Diskusi 7: Manajemen Sumber Daya

Sumber daya manusia yang berkualitas

Sumber daya manusia yang berkualitas

by Alifia Lisda Zetty Aqmi -
Number of replies: 3

Bagaimana menurut teman-teman terhadap sumber daya manusia yang berkualitas? karena sangat banyak berita dan isu yang menyampaikan bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam namun kurang dengan sumber daya manusia yang masih kurang handal dan terampil

In reply to Alifia Lisda Zetty Aqmi

Re: Sumber daya manusia yang berkualitas

by Izhar bachtiar -
Peningkatan kapasitas dan kualitas suatu bangsa melalui pembangunan SDM yang unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur. Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional. Dalam kaitan ini, terdapat beberapa hal yang harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan kualitas SDM antara lain, pertama, adalah sistem pendidikan yang baik dan bermutu. Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Pemerintah dalam hal ini memiliki peran penting dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisien, berorientasikan pada penguasaan IPTEK serta merata di seluruh pelosok tanah air.
In reply to Izhar bachtiar

Re: Sumber daya manusia yang berkualitas

by SALSABILA GUSTIA WIBAWA -
saya setuju dengan pendapat izhar bachtiar, izin menambahkan cara untuk meningkatkan pengembangan SDM yaitu dengan melakukan pelatihan, pendidikan , pembinaan, serta memberikan kesempatan untuk menyalurkan ide dan gagasan. Meskipun Pprkembangan teknologi telah menciptakan peralatan canggih di bidang konstruksi yang bisa meminimalisir risiko pekerjaan. Namun, hal terpenting adalah bagaimana kita bisa melibatkan generasi muda dalam membangun budaya K3 sejak dini.
In reply to Alifia Lisda Zetty Aqmi

Re: Sumber daya manusia yang berkualitas

by MUHAMMAD MASHURI UTAMA -
Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia belum sepenuhnya optimal. Tingkat partisipasi pendidikan yang belum merata menyebabkan peningkatan kualitas SDM kita belum mampu bersaing dengan negara lain. Hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan akses terhadap pendidikan baik formal, informal, maupun non formal. Diperlukan sinergi antar kementerian agar hal ini dapat terwujud.