Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

Manfaat dan Implementasi Manajemen Resiko

Manfaat dan Implementasi Manajemen Resiko

by TASYA YUNISHA ZUANA -
Number of replies: 0

Manfaat penerapan manajemen resiko dalam program yang diadakan oleh pejuang muda di penempatannya masing-maisng dapat membantu para pejuang muda menghemat pengeluaran sekaligus melindungi masa depan. Sebab rencana manajemen risiko yang tepat akan membantu pejuang muda menetapkan prosedur untuk menghindari ancaman, meminimalkan dampak negatif, serta mengatasi ancaman tersebut. Kemampuan memahami dan mengendalikan risiko membuat para pejuang muda lebih percaya diri dalam menentukan keputusan. Selain itu, prinsip tata kelola program yang kuat dan berfokus pada manajemen risiko dapat membantu mencapai tujuan pejuang muda. Manajemen risiko juga memiliki manfaat lain sebagai berikut:

• Menciptakan lingkungan kerja yang aman dan terjamin untuk semua staf dan pelanggan.

• Meningkatkan stabilitas operasional program sekaligus mengatur tanggung jawab hukum.

• Melindungi program maupun lingkungan sekitarnya dari risiko kejadian yang merugikan.

Implementasi manajemen risiko harus bisa menjawab beberapa pertanyaan krusial, yaitu:

• Apa yang salah dengan program? Pihak yang bertanggung jawab terhadap manajemen risiko wajib mencermati pekerjaan individu maupun lingkungan tempat kerja secara keseluruhan.

• Bagaimana pengaruh suatu kejadian terhadap program? Segala kemungkinan kejadian yang berdampak besar atau kecil wajib dipertimbangkan secara rinci.

• Apa yang bisa program lakukan untuk mencegah kerugian atau memulihkan keadaan jika sudah terjadi kerugian?