Forum Diskusi 2: Komunikasi

Jenis Pola atau Gaya Komunikasi

Jenis Pola atau Gaya Komunikasi

by ERMA RACHMADANI -
Number of replies: 0

Kita sebagai manusia tentunya tidak mampu membaca apa yang sedang di pikirkan oleh orang lain. Begitu juga sebaliknya,orang lain juga tidak mampu membaca isi pikiran kita. Oleh karena itu jika kita ingin berurusan atau berinteraksi dengan orang lain untuk bertukar pikiran perlu adanya sebuah hubungan yaitu hubungan komunikasi yang baik. Dalam dunia modern yang segala sesuatu saling terhubung ini mulai dari anak-anak sampai dewasa baik yang terkait pendidikan,pekerjaan dan pertemanan satu-satunya cara untuk menciptakan relasi yang baik dengan orang lain adalah dengan memiliki pola komunikasi yang baik. Pola atau gaya komunikasi sebenarnya memiliki berbagai macam jenisnya :

1. Pola komunikasi pasif

Orang yang menerapkan komunikasi ini biasanya  susah mengekspresikan diri mereka dan cenderung mengalah kepada orang lain. Akibat dari pola komunikasi ini biasanya sering terjadi miskom dan muncul rasa emosi negatif yang terpendam karena mereka tidak bisa bisa mengutarakan apa yang ada dalam pikiran mereka.

2.  Pola Komunikasi Agresif

Orang yang menerapkan pola komunikasi agresif ini biasanya mempunyai keinginan untuk mendominasi segalanya. Ciri-ciri orang dengan komunikasi ini biasanya suaranya keras,kontak matanya intens dan mengontrol orang dengan cara intimidasi atau dengan cara apapun. 

3.  Pola Komunikasi Pasif-Agresif

Makna dari pola komunikasi ini yaitu biasanya di luar terlihat pasif tetapi makna kata-kata yang di lontarkan cukup agresif. Ciri orang dengan pola komunikasi ini adalah cara  berbicaranya pelan tidak terdengar,dan susah mengkomunikasikan pendapatnya dengan jelas. Apa dipikirkan dan dirasakan dalam dirinya beda dengan yang ditampilkan.

4. Pola Komunikasi Asertif

Pola komunikasi ini di sebut spesial karena menggabungkan beberapa aspek positif dari pola komunikasi pasif,agresif dan pasif-agresif menjadi sebuah pola komunikasi yang super. Pola komunikasi Asertif ini menekankan pada pola komunikasi yang terbuka dan tidak memaksa. Jadi mereka tahu apa yang mereka inginkan dan paham cara menyampaikan ke orang lain sambil mempertemukan perasaan orang lain juga.